Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 14, No 2 (2016): IMAJI OKTOBER

KIAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MEMALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Dwi Anugrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang  rendahnya tingkat apresiasi seni kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Yang menjadi fokus kajian di sini adalah kiat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran seni budaya dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis ICT ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam  pencapaian batas penguasaan kompetensi dasar Apresiasi Seni Teater di SMK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket untuk data analisis kualitatif, serta penilaian hasil ulangan harian sebagai analisis data kuantitatif. Hasil penelitian  bahwa  menunjukkan melalui pembelajaran berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maupun pencapaian batas kompetensi dasar pada pembelajaran seni budaya khususnya materi Apresiasi Seni Teater peserta didik kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Di samping itu pembelajaran berbasis ICT  terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta menarik minat peserta didik, sehinga interaksi pembelajaran di kelas dapat diimplementasikan secara optimal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...