Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya tingkat apresiasi seni kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Yang menjadi fokus kajian di sini adalah kiat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran seni budaya dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis ICT ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pencapaian batas penguasaan kompetensi dasar Apresiasi Seni Teater di SMK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket untuk data analisis kualitatif, serta penilaian hasil ulangan harian sebagai analisis data kuantitatif. Hasil penelitian bahwa menunjukkan melalui pembelajaran berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maupun pencapaian batas kompetensi dasar pada pembelajaran seni budaya khususnya materi Apresiasi Seni Teater peserta didik kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Di samping itu pembelajaran berbasis ICT terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta menarik minat peserta didik, sehinga interaksi pembelajaran di kelas dapat diimplementasikan secara optimal.
Copyrights © 2016