Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2: December 2017

Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw

Septi Dariyatul Aini (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Madura)
Sri Irawati (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, respon, dan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada materi akar persamaan tak linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di universitas madura dan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV pendidikan matematika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan wawancara. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan dari 2,88 (kategori baik) pada siklus I menjadi 3,51 (kategori sangat baik) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 3,76 (kategori sangat baik) pada siklus III, (2) respon mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 62,86% (kategori positif) pada siklus I menjadi 91,43% (kategori positif) pada siklus II kemudian meningkat menjadi 100% (kategori positif) pada siklus III, (3) hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari 14,29% pada siklus I menjadi 57,14%  pada siklus II kemudian meningkat menjadi 85,71% pada siklus III. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi akar persamaan tak linear. Improving Student Learning Outcomes Through Visual Thinking Learning with Quick on the Draw Activities AbstractThis research aimed to determine the activity, response, and improvement of student learning outcomes after being taught using visual thinking learning accompanied by quick on the draw activities on the material of the nonlinear equation root. This type of research is classroom action research with a qualitative approach. This research was carried out at universitas mdura and the subject of the research was the fourth semester students of mathematics education 2017/2018 academic year. Data collection techniques used are observation methods, questionnaires, tests, and interviews. From the data analysis it can be concluded that: (1) student activity has increased from 2.88 (good category) in the first cycle to 3.51 (very good category) in cycle II then increased to 3.76 (very good category) in the cycle III, (2) student responses also increased from 62.86% (positive category) in the first cycle to 91.43% (positive category) in the second cycle then increased to 100% (positive category) in cycle III, (3) student learning outcomes increased from 14.29% in the first cycle to 57.14% in the second cycle then increased to 85.71% in the third cycle. From the results of this study it can be concluded that the application of visual thinking learning with quick on the draw activities can improve student learning outcomes on the material of the nonlinear equation root.

Copyrights © 2017