Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2: December 2014

Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP

Lasmiyati Lasmiyati (SMP Negeri 1 Pomalaa Sulawesi Tenggara)
Idris Harta (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2014

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika yang layak untuk pembelajaran siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII Sulawesi Tenggara. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg Gall. Subjek coba penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII sejumlah 31 siswa, yang terdiri dari 6 siswa untuk uji coba terbatas dan 25 siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran geometri pada aspek kelayakan isi berkategori baik, pada aspek kelayakan bahasa dan gambar berkategori sangat baik, pada aspek penyajian berkategori sangat baik, dan pada aspek kegrafisan berkategori baik serta pembelajaran matematika yang menggunakan modul lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan modul.Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, pemahaman konsep dan minat Developing a Module to Improve Concept Understanding and Interest of Students of SMP AbstractThe study aimed to develop appropiate mathematics instructional module for mathematics instruction for seventh grade students of  SMP N 1 Pomalaa South-East Sulawesi. This research and development study used Borg and Gall model. Subject of research were 31 students of SMPN 1 Pomalaa.  Specifically, 6 students participated in the limited try-out and 25 students participated in the extended try-out. The result of study shows that the module of geometry learning for seventh grade students of SMP N 1 Pomalaa in terms of the aspect of content was categorized good, from the aspect of language and pictures was categorized very good, from the aspect of lay-out was categorized very good, and from the aspect of graphic design was categorized good, and also mathematics learning  using learning module was better than without module.Keywords : development, learning module, concept undertanding, interest

Copyrights © 2014