The problem of this research was the lowness of social interaction. The aim of this research was to identify if the social interaction could be optimized by using group counseling service with role playing techniques. The method used was quasi experimental method with one group pretest and posttest design. The subjects were 8 students who had low social interaction skill. Data collection techniques used observation. The results of data analysis used Wilcoxon test, showed that zoutput = - 2,521 ztabel = 1, 645. then Ha was accepted and H0 was rejected. The conclusion of this result was social interaction can be increased by using group counseling service with role playing techniques to XI grade students of SMA Negeri 2 Gedongtataan period 2016/2017.Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa interaksi sosial dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik role playing. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest interaksi sosial menunjukkan bahwa zhitung = -2,521 dan ztabel = 1,645, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah interaksi sosial dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik role playing ada kelas XI SMA Negeri 2 Gedongtataan tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: konseling kelompok, teknik role playing, interaksi sosial
Copyrights © 2018