UMKM memiliki peran dalam meningkatkan perekomomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Kecamatan Sungai Raya memiliki potensi UMKM terbanyak dari 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Masalah yang dihadapi UMKM di Kecamatan Sungai Raya adalah sulitnya produk bersaing untuk merambah pasar ritel dan kompetensi sumber daya manusia yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan UMKM di Kecamatan Sungai Raya dengan mengidentifikasikan karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik UMKM berdasarkan aset sudah sesuai, omset ada yang tidak sesuai dan tenaga kerja ada yang tidak sesuai. Selain itu ‘karakteristik UMKM berdasarkan jenis usaha yang mendominasi ialah usaha Mikro dengan jenis usaha kuliner.  Faktor internal yang berpengaruh adalah faktor sumber daya manusia yaitu pendidikan tenga kerja dan pelaku UMKM masih rendah dan pengalaman usaha banyak yang berpengalaman, faktor produksi dan operasional terjangkau dan teknologi yang masih sederhana, faktor keuangan ialah sulitnya mencari informasi pinjaman, faktor pemasaran dan faktor eksternal yang  berpengaruh berupa  faktor kebijakan atau kelembagaan ialah terdapat pelatiahan dan  pemasaran lokasi. Hasil analisis SWOT adalah strategi pengembangan UMKM berada pada kuadran I SO (Streanght - Opportunity) mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Startegy).
Copyrights © 2020