Kemampuan penalaran matematis salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Penalaran matematis merupakan suatu kebiasaan otak yang apabila dikembangkan dengan baik dan konsisten akan memudahkan dalam mengkomunikasikan matematis baik secara tertulis maupun lisan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan, meningkatkan, dan menumbuhkembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Darussalam Aceh Besar. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan penalaran matematis adalah uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran TGT, Penalaran
Copyrights © 2015