VA
Vol 1, No 1 (2013): Volume 1 edisi Yudisium 2013

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KRIYA TEKSTIL BATIK JUMPUT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SIDOARJO

ISMAWATI, RIRIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pendidikan serta diharapkan siswa tidak lagi merasa bosan dan jenuh sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui proses serta hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan siswa yang menggunakan metode pemberian tugas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Sidoarjo.Hasil dari penelitian ini ditemukan prestasi siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik dibanding dengan prestasi siswa menggunakan metode pemberian tugas. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe (STAD), Batik Jumput. Cooperative learning is expected to improve student learning outcomes and the quality of education and students are expected to no longer feel bored and tired so that learning can take place properly. Purpose of this study was to know the processes and outcomes of student learning using cooperative learning type Student Teams Achievement Division and Method of Task. The research was conducted at SMP Negeri 4 Sidoarjo. The results of this study found that student achievement using cooperative learning type Student Teams Achievement Division (STAD) is better than student achievement using the Method of Tasks. 

Copyrights © 2013