VA
Vol 1, No 1 (2013): Volume 1 edisi Yudisium 2013

PENERAPAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN MOTIF BATIK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MENGANTI

HARTITI, RATNA (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran yang menuntut adanya inovasi. Media sangat berperan penting dalam penyampaian materi ajar, namun keterbatasan guru dan sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Menganti terkadang membuat media kurang dioptimalkan penggunaanya, padahal teknologi sekarang sudah canggih sehingga seharusnya media pembelajaran akan lebih baik. salah satu media yang tepat untuk mencapai kegiatan tersebut yaitu dengan mengunakan media animasi dalam pembelajaran motif batik sehingga memungkinkan siswa dapat lebih jelas mengamati contoh-contoh motif batik., yaitu memberikan gambaran mengenai media pembelajaran menyelesaikan permasalahan di sekolah tersebut yaitu : 1. Bagaimana proses pembuatan media animasi flsah, 2. Bagaimana penerapan media animasi flash pada pembelajaran motif batik dikelas X1 di SMA Negeri 1Menganti, 3.Bagaimana hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media animasi flash dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media animasi pada pembelajaran motif batik di kelas X SMA Negeri 1 Menganti, 4. Bagaimana respon siswa terhadap media animasi yang telah dibuat. Metode yang digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan meneliti kondisi kelas SMA Negeri 1 Menganti. Sumber data yang digunakan : Hasil nilai post test dalam materi pelajaran motif batik Jawa Timur, dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1. Tes pada siswa, 2. Tes angket. Teknik analisis data mengunakan rumus statistik mean (rata-rata), dan diprosentasekan. Hasil dari penelitian ini adalah dilakukan proses pembuatan media animasi flsah terdiri dari 51 tahapan untuk materi ajar. Sedangkan penerapan media animasi diawali dengan: pengelompokkan kelas, X1 menjadi kelas media dan X3 menjadi kelas tanpa media animasi flash, melakukan pengajaran materi motif batik, pemberian tes setelah materi tersampaikan, pemberian angket pengukuran respon siswa. Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media animasi flash dengan perolehan selisih prosentase sebesar 6,94%. artinya kelas yang tanpa menggunakan media lebih rendah prosentasenya, daripada kelas yang menggunakan media animasi flash sebesar 6,94. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebesar 6,94% . Dan diketahui respon siswa terhadap media animasi yang telah dibuat berdasrkan angket ditemukan bahwa 86,207% siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran media animasi bisa lebih mudah diterima, 86,207% siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran media animasi menarik dengan pemaparan contoh gambar akan menikatkan minat belajar dan prestasi pelajaran siswa, 82,759% siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran media animasi dapat menambah pegetahuan tentang motif batik, dan 65,517% siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran media animasi dapat memberikan pengalaman yang kongkret. Kata kunci: media animasi flash, pembelajaran, batik Progress of knowledge and technology, especially for information technology that influence in order to arranged and implementation of learning strategic which must make some inovation. The media are very important in learning, but the limited of teacher and school especialy in SMA Negeri 1 Menganti sometime make media are not enough in using, whereas technology had been progress, so learning media must be beter. Wich one of media who match in order to that activate is using animation media to lesson of batik. so maybe student can more understand to watch closely the example of batik pattern., that giving a view about learning media which progressing with using animation flash media for problem solving of this school : 1. How process of made animation flash media, 2. How the appliance media of flash animation in learning batic motif in X 1 class of SMA 2 Negeri 1 Menganti 3. How the result of student’s learning in class that using media flash animation than the class that not using this media in learning batic motif in X class SMA Negeri 1 Menganti 4. How student response with the media animation that have made. Observation method that using is descriptive kuantitative. with observ the condition of the class of SMA Negeri 1 Menganti. The data source that using is : the result of post test value from chapter learning batic motif of East Java , and questionnaire. The collecting Technique of data that using are : 1. test for student, 2. Questionnaire test. The analysis technique of data is using mean pattern and percentage it. The result of this observation is doing process of made animation flash media that contain of 51 steep for learning. Material using animation flash media, begin with grouping class ,X1 to be class of media and X3 to be class without animation flash media. act in learn motif batic, give test after learning, and give questionnaire for measuring student respons. The result of learning student from class that using animation flash media get difference percentage as big as 6,94 %. That mean class without using animation flash media is lower than the percentage from class that using animation flash media as big as 6,94. So there is a difference result of lerning as big as 6,94. And to know of the student respons of animation flash media who has made be based on questioner get that 86,207 % student who told that learning with using animation flash media is better for learn, 86,207 % student who told that learning with using animation flash media is more interesting with show the sample picture will increase enjoyable learning and achievement of student, 82,759 student who told that learning with using animation flash media can increase knowledge about batic motif, and 65,51% student who told that learning with using animation flash media can give real experience. Keyword: animation flash media, learning, batic

Copyrights © 2013