VA
Vol 1, No 1 (2013): Volume 1 edisi Yudisium 2013

GAMBAR ANAK-ANAK AUTIS: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI LAMONGAN

MUSTOPO KRIDHO LEKSONO, HABIB (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang mempengaruhi cara seorang anak dalam memproses informasi pada panca indra mereka. Mereka mengalami kesulitan dalam menyaring semua bentuk sensor yang datang, termasuk sensor warna, cahaya, gerakan, suara, penciuman, dan perasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah proses menggambar pada anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Lamongan?, Bagaimanakah tema dari gambar-gambar anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Lamongan?, Bagaimanakah teknik dari gambar-gambar anak autis di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Lamongan? Setelah penelitian dilakukan ada empat hal fakta pada anak autis. Yaitu, tidak dapat diprediksi (Unpredictable), tidak dapat fokus (Unfocusable), tidak dapat dikontrol (Uncontrollable), dan tidak dapat diidentifikasi (Unidentifiable). Perbandingan gambar anak menurut teori Lowenfeld dengan gambar anak autis SDLB Negeri Lamongan masa bagan menunjukkan adanya perbedaan, Perbedaan tersebut bisa dilihat dari setiap unsur gambar yang meliputi kemampuan menjelaskan konsep, garis, bentuk, ruang dan warna. Perbandingan gambar anak menurut teori Lowenfeld dengan gambar anak autis SDLB Negeri Lamongan masa berkelompok dapat diketahui ada perbedaan maupun kesamaan. Perbedaannya terletak pada unsur kedetailan gambar dan warna. Sedangkan pada persamaannya terletak pada kemampuan mengamati alam sekitar, tetapi pada anak autis cara mengamatinya masih sederhana, sehingga objek yang di gambar masih terlihat sederhana juga. Kemudian persamaan berikutnya adalah terletak pada kemampuan cara membedakan objek laki-laki dan perempuan.  Untuk tekniknya kecenderungan mereka kurang baik. Terlihat dari segi komposisi, warna, membuat bidang, bahkan gradasi warna sama sekali belum terlihat. Kata kunci: Autis, gambar anak autis Autism is a development disturbance which influences children’s information process in their five senses. They have difficulties in filtering any kind of sensor from outer of themselves such as sensor color, light, movement, sound, smelt, and  feeling. The research question is how is the drawing process that happens to the autism students in outstanding elementary school of Lamongan?, how is the drawing technique that autism students’ use in state outstanding elementary school of Lamongan?. After conducting the research, the researcher found four facts in autism students. They are unpredictable, out of focus, uncontrollable, and unidentifiable. The comparison drawing pictures according to Lowenfeld with the autism students of state outstanding elementary school of Lamongan shows that there is a difference chart period, those differences can be seen from every drawing picture’s elements, including of the ability to explain the concept, line, shape,   space and color. There are the differences and the similarities between the drawing pictures according to Lowenfeld with the autism students of state outstanding elementary school of Lamongan. The differences can be seen from the details and color elements. The similarities can be seen from the ability to observe the surrounding, however autism students observe it in simple way, therefore the drawing objects is also remaining simple. Another similarity can be seen from the ability to differentiate between male and female objects. For the technique, they have fewer tendencies. It can be seen from the composition, color, shape even color gradation is not well enough. Keyword: Autism, Autism kid drawing

Copyrights © 2013