LATERNE
Vol 8, No 2 (2019)

DONGENG DIE STERNTALER SEBAGAI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SMA

ROSYIIDAH, FIRIYAL (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Kurikulum 2013 memasukkan sastra ke dalam pembelajaran Bahasa Jerman untuk SMA. Namun pada praktiknya penggunaan teks sastra dalam pengajaran Bahasa Jerman di SMA masih jarang. Terutama penggunaan teks dongeng yang cukup dihindari karena dongeng identik dengan tingkat bahasa yang cukup sukar untuk digunakan pada pembelajar pemula. Dengan tujuan untuk mendobrak tembok batas kesukaran bahasa tersebut terdapat aturan Leichte Sprache yang memungkinkan pembelajar bahasa asing pemula untuk memahami teks bahasa asing dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Leichte Sprache merupakan bentuk khusus dari Bahasa Jerman yang menjamin keterbacaan dan kemudahan untuk memahami isi suatu teks. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan teks dongeng Die Sterntaler yang telah disederhanakan berdasarkan aturan ýang terdapat pada ?Regeln für Leichte Sprache? untuk pembelajaran Bahasa Jerman di SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif pengembangan yang tergolong ke dalam jenis studi pustaka. Dongeng Die Sterntaler sebagai data yang digunakan dalam penelitian merupakan hasil penelitian Becker yang berjudul ?Grimms Märchen in Leichter Sprache?. Dalam penelitian ini dianalisis proses pembelajaran keterampilan membaca untuk pemahaman menggunakan dongeng berdasarkan Koppensteiner, Bühlmanns dan Fearns, Westhoff, dan Kann Beschreibung des GERs. Dan melalui analisis tersebut dihasilkanlah langkah-langkah yang terbagi ke dalam tiga fase yaitu Vorbereitungsphase, Präsentation und Textarbeit, dan Erweiterungsphase. Melalui tahap-tahap tersebut langkah yang dilakukan dalam pembelajaran adalah (1) membuat Assoziogramm, (2) mendeskripsikan gambar, (3) memformulasikan judul, (4) menggarisbawahi kata-kata yang belum dipahami, (5) menemukan kata kunci, (6) membuat judul (headline), (7) membaca teks secara keseluruhan, (8) membuat sketsa cerita (Skizzen anfertigen), dan (9) menjawab pertanyaan tentang teks. Peserta didik mendapatkan teks dongeng secara bertahap dari bagian-perbagian, lalu mengerjakannya dalam beberapa langkah. Untuk langkah pendalaman peserta didik diminta untuk mengerjakan beberapa latihan soal seperti (1) mengurutkan pokok pikiran dari setiap bagian dongeng, (2) menentukan pernyataan yang benar dan salah, dan (3) menjawab pertanyaan mengenai isi teks. Kata Kunci : Dongeng, Pembelajaran Keterampilan Membaca, Die Sterntaler

Copyrights © 2019