Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan.2 siklus dan bertujuan.untuk.mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa dengan digunakannya media Timeline. Subjek penelitian 16 siswa kelas V SDN Cengkok Tarokan Kediri. Hasil penelitian yang didapatkan adalah aktivitas guru pada siklus I mendapatkan skor 75% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 93,75%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,25% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 92%. Pada hasil belajar IPS siswa, siswa yang tuntas belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 46%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas belajar 68,75%, pada siklus II sebesar 93,75%. Dari data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Timeline, IPS, Proklamasi di Indonesia
Copyrights © 2019