cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 812 Documents
HUBUNGAN KECERDASAN MUSIKAL DENGAN KEMAMPUAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR JAMIL, UMMU; YERMIANDHOKO, YOYOK
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan musikal dengan kemampuan mata pelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain Pre-Experimental Designs (Nondesign) jenis One-Shot Case Study . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Data yang digunakan yaitu hasil tes matematika dan SBdP yang diolah dengan statistik nonparametrik dan uji korelasi ganda. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan musikal dengan kemampuan matematika. Hasil menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan musikal dengan kemampuan psikomotor lebih tinggi daripada hubungan kecerdasan musikal dengan kemampuan kognitif matematika, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan muikal dengan kemampuan mata pelajaran matematika siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Musikal , Musik dan Pembelajaran, Matematika.This research aims to determine whether there is a relationship between musical intelligence and students mathematical abilities. This research is a correlation study with the Pre-Experimental Designs (Nondesign) type of One-Shot Case Study. The study population was all grade IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo students. The research sample was taken using a saturated sample technique. The data used are the results of mathematical tests and SBdP processed with nonparametric statistics and multiple correlation tests. Correlation test results indicate a significant relationship between musical intelligence with mathematical ability. The results show that the relationship of musical intelligence with psychomotor abilities is higher than the relationship of musical intelligence with mathematical cognitive abilities, it can be concluded that there is a significant relationship between musical intelligence with the ability of students mathematics subjects. Keywords: Musical Intelligence, Music and Learning, Mathematics.
STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN MEDIA POP UP CARD MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR CITRA WIDARISMA, FIKA; , JULIANTO
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Pop Up Card materi sistem pencernaan manusia serta dampak dari penggunaan media ini bagi guru maupun siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Guru Kelas V. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh yaitu (a) guru mudah dalam membuat maupun menggunakan media Pop Up Card, (b) dampak dari penggunaan media Pop Up Card bagi guru yaitu, guru menjadi lebih kreatif lagi dalam membuat media pembelajaran, serta anggapan membuat media sulit menjadi hilang, dan bagi siswa menjadi lebih paham mengenai materi yang diajarkan.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL GUIDE READING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERINGIN 477 SURABAYA NUR ISTIKHOMAH, SUCI; SUKARTININGSIH, WAHYU
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Guide Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian adalah pre-experimenal desaign yaitu one group pretest-posttest desaig. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Beringin 477 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan kuisioner. Teknik analisis data instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa penggunaan model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V dibuktikan dengan uji t-test, thitung (5,52) dengan nilai signifikan 0,05. sehingga dikatakan thitung (5,52) > ttabel (2,060), maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya yaitu model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Kata Kunci: model, Guide Reading, pembelajaran membaca pemahaman
PERMAINAN KAPIKA (KARPET PIJAK MATEMATIKA) SEBAGAI PENGENALAN JENIS-JENIS BANGUN DATAR MAJESTY ERAWAN, GALIH; RAHMAWATI, IKA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKBelajar sambil bermain merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, peneliti ingin menyediakan sarana untuk merealisasikan kegiatan belajar sambil bermain melalui pengembangan media permainan KAPIKA (karpet pijak matematika) sebagai pengenalan jenis-jenis bangun datar di sekolah dasar yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media permainan KAPIKA; (2) Mendeskripsikan kevalidan media permainan KAPIKA; (3) Mendeskripsikan kelayakan media permainan KAPIKA. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini berupa validasi dari ahli materi Kevalidan dari ahli materi sebesar 95,83%. Kevalidan dari ahli media sebesar 95%. Kevalidan dari instrument pengumpulan data 93,18% pada lembar kuisioner dan 94,44% pada lembar observasi. Tingkat kelayakan media permainan KAPIKA sebesar 73,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan KAPIKA layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan media, Permainan, KAPIKA, Matematika, Bangun Datar.
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS TERKOTIF PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN BABATAN I/456 SURABAYA WAHYU SETYANINGSIH, RETNO; DWI WICAKSONO, VICKY
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui kelayakan LKS berbasis TERKOTIF. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian dari validator ahli materi dengan persentase nilai sebesar 92% yang dengan itu maka menunjukkan bahwa LKS berbasis TERKOTIF sangat valid. Sedangkan berdasarkan pada kegiatan ujicoba diperoleh hasil persentase sebesar 94% dari angket pengamat dan didapatkan hasil persentase 97% dari angket pengguna siswa yang dari hasil tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Jadi dengan demikian LKS berbasis TERKOTIF yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, LKS TERKOTIF, Hak dan Kewajiban
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN GUGUS IV KEC.TURI KAB. LAMONGAN INTAN SAHARA, MASITHA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Time token dapat digunakan untuk merangsang keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jenis dan rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment dan nonequivalent control group design. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji n-gain ternormalisasi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis pre-test dan post-test (5% = 2,048) < 2,373). Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa terdapat pengaruh segnifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, time token, keterampilan berbicara Abstract Time token can be used to stimulate student speaking skills. The purpose is to determine the effect of the type of time token cooperative learning model on the speaking skills of fifth grade students of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency. The type and design of the research is quasi experiment and nonequivalent control group design. The research sample was purposive sampling. Data collection techniques, tests and observations. Data analysis techniques, validity test, reliability test, n-gain test, normality test, and hypothesis test. Pre-test and post-test hypothesis test results (5% = 2.048) <2.373). Based on these it was found that there was a significant difference in the influence of the time token type of cooperative learning model on the speaking skills of the fifth grade students of Elementary School Cluster IV Turi District, Lamongan Regency. Keywords: cooperative learning model, time token, speaking skills
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DI SDN SAMBONGDUKUH 3 JOMBANG NURJANAH, IVA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini didasarkan pada implementasi kurikulum 2013. Di SDN Sambongdukuh 3 Jombang kurikulum 2013 ini baru diterapkan pada tahun 2017. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan di SDN Sambongdukuh 3 Jombang, kendala apa saja yang ditemukan serta peran sekolah dalam mensukseskan implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi dan kondisi selama kegiatan pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran, aktivitas guru dan peserta didik saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang sudah berjalan baik sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. Masih ditemukan kendala antara lain kendala dalam pengadaan media pembelajaran, guru kesulitan dalam pengisian rapot online dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Namun kendala tersebut sudah ada upaya untuk diatasi berkat dari peran kepala sekolah dan guru yang sangat erat kaitannya dengan kelancaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Deskriptif kualitatif
PENGEMBANGAN KOMIK CERITA RAKYAT UNTUK KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NILANTIRA, JOIS; SUSETYO RUKMI, ASRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Komik cerita rakyat adalah media gambar berurutan yang membentuk rangkaian cerita rakyat dengan menggunakan percakapan singkat pada balon teks. Pengembangan media komik cerita rakyat dapat membantu siswa dalam menulis cerita fiksi. Komik ini dibuat dengan gambar ilustrasi sesuai tokoh dan alur cerita yang menarik dan terdapat percakapan singkat pada balon teks yang dapat membantu siswa untuk memahami isiicerita, sehingga siswa dapat menuliskan kembaliiisi cerita dalam komik dengan bahasanya sendiri. Media komik cerita rakyat ini memuat 1 cerita rakyat yaitu ?Asal Mula Reyog Ponorogo?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media komik cerita rakyat dan menguji kualitas media komik cerita rakyat untuk keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan ADDIE sebagai berikut: (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba yaitu siswa dan guru kelas IV SDN 5 Mrayan dan SDN 4 Baosan Lor Ponorogo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar angket guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunkana adalah analisis kuantitatif, berupa data hasil validasi, data hasil angket guru dan siswa. Berdasarkan instrumen pengumpulan data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media komik cerita rakyat sangat valid dengan persentase 92,65% dari validator media dan 81,94% dari validator materi. Pada saat uji coba diketahui bahwa komik cerita rakyat sangat layak digunakan untuk keterampilan menulis cerita fiksi dengan mendapat persentase nilai 100% dari pengamat. Hasil lembar angket siswa pada tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan masing-masing persentase sebesar 92,85% dan 92%. Kata Kunci : Pengembangan, komik cerita rakyat, keterampilan menulis cerita fiksi
PENGGUNAAN MEDIA TIMELINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DWIAJI PRADITA, YOGA; RACHMADYANTI, PUTRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan.2 siklus dan bertujuan.untuk.mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa dengan digunakannya media Timeline. Subjek penelitian 16 siswa kelas V SDN Cengkok Tarokan Kediri. Hasil penelitian yang didapatkan adalah aktivitas guru pada siklus I mendapatkan skor 75% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 93,75%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,25% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 92%. Pada hasil belajar IPS siswa, siswa yang tuntas belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 46%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas belajar 68,75%, pada siklus II sebesar 93,75%. Dari data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Timeline, IPS, Proklamasi di Indonesia
PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PADA SISWA KELAS V B DI SDN MENANGGAL - MOJOKERTO HARIATI, FITRI; RACHMADYANTI, PUTRI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 7 (2019)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendistripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksananak dalam 3 siklus. Data aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 67,18% sedangkan siklus II mencapai 79,68% yang telah mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Data aktivitas siswa pada siklus III mencapai 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 7,82% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 20,32% secara keseluruhan. Data aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,37% sedangkan pada siklus II mencapai 77,97% yang telah mengalami peningkatan sebesar 3,6%. Data aktivitas guru pada siklus III mencapai 82,61% yang mana mengalami peningkatan sebesar 4,7% dari sikluas II dan mengalami peningkatan sebesar 8,24% secara keseluruhan. Sedangkan data hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54,16% sedangkan pada siklus II mencapai 75% yang telah mengalami penigkatan sebesar 20,84%. Data hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 12,5% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 33,34% secara keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar Siswa Kelas V B di SDN Menanggal ? Mojokerto. Kata Kunci: Diorama dan Hasil Belajar Siswa

Page 1 of 82 | Total Record : 812