Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 7 (2019)

PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PADA SISWA KELAS V B DI SDN MENANGGAL - MOJOKERTO

HARIATI, FITRI (Unknown)
RACHMADYANTI, PUTRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendistripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksananak dalam 3 siklus. Data aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 67,18% sedangkan siklus II mencapai 79,68% yang telah mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Data aktivitas siswa pada siklus III mencapai 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 7,82% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 20,32% secara keseluruhan. Data aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,37% sedangkan pada siklus II mencapai 77,97% yang telah mengalami peningkatan sebesar 3,6%. Data aktivitas guru pada siklus III mencapai 82,61% yang mana mengalami peningkatan sebesar 4,7% dari sikluas II dan mengalami peningkatan sebesar 8,24% secara keseluruhan. Sedangkan data hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54,16% sedangkan pada siklus II mencapai 75% yang telah mengalami penigkatan sebesar 20,84%. Data hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 12,5% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 33,34% secara keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar Siswa Kelas V B di SDN Menanggal ? Mojokerto. Kata Kunci: Diorama dan Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2019