Penelitian ini bertujuan untuk mendistripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksananak dalam 3 siklus. Data aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 67,18% sedangkan siklus II mencapai 79,68% yang telah mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Data aktivitas siswa pada siklus III mencapai 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 7,82% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 20,32% secara keseluruhan. Data aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,37% sedangkan pada siklus II mencapai 77,97% yang telah mengalami peningkatan sebesar 3,6%. Data aktivitas guru pada siklus III mencapai 82,61% yang mana mengalami peningkatan sebesar 4,7% dari sikluas II dan mengalami peningkatan sebesar 8,24% secara keseluruhan. Sedangkan data hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54,16% sedangkan pada siklus II mencapai 75% yang telah mengalami penigkatan sebesar 20,84%. Data hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 87,5% yang mana mengalami peningkatan sebesar 12,5% dari siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 33,34% secara keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar Siswa Kelas V B di SDN Menanggal ? Mojokerto. Kata Kunci: Diorama dan Hasil Belajar Siswa
Copyrights © 2019