Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 10, No 3 (2019)

PENERAPAN STRATEGI STRESS INOCULATION UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS IX SMPN 1 KAMAL MENGHADAPI UNBK

YULIANI, RISKA (Unknown)
SETIAWATI, DENOK (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Saat ini seiring mulai diberlakukan ujian berbasis online, setiap sekolah di indonesia mengikuti ujian nasional berbasis online. Ujian nasional berbasis online dapat dilakukan menggunakan komputer atau yang biasa disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dimana UNBK tersebut bisa menyebabkan kecemasan terhadap siswa kelas IX yang akan menghadapinya. Kecemasan memiliki 3 tingkat yaitu tingkat tinggi, tingat sedang, dan tingkat rendah. Untuk mengurangi kecemasan yang dialami siswa maka dalam penelitian ini menggunakan strategi Stress Inoculation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan tingkat kecemasan siswa kelas IX SMPN 1 Kamal antara sebelum dan sesudah diterapkannya strategi Stress Inoculation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design, dan metode yang digunakan adalah one group pre test - post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas IX-C yang memiliki skor kecemasan UNBK paling tinggi. Hasil analisis data penelitian pada pre-test dan post-test dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian strategi Stress Inoculation dapat membantu siswa kelas IX mengurangi kecemasan menghadapi UNBK. Kata kunci : Stress Inoculation, Kecemasan, UNBK

Copyrights © 2019