Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 10, No 3 (2019)

PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DI KELAS XII IPA MAN 2 GRESIK

PUSPITASARI, WAHYU (Unknown)
INDAH PRATIWI, TITIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 2 Gresik dan hasil wawancara dengan guru BK bahwa masalah siswa yaitu memiliki konsep diri negatif khususnya siswa kelas XII IPA 1. Beberapa siswa sering mengeluh akan keadaan dirinya, tidak dapat menerima kondisi fisiknya, belum memahami tentang kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan yaitu modifikasi permainan truth or dare untuk meningkatkan konsep diri yang dapat digunakan oleh guru BK untuk membantu dalam pemberian suatu layanan bimbingan kelompok pada siswa untuk meningkatkan konsep diri. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang menyebutkan 10 tahapan pengembangan. Penelitian ini dibatasi hanya sampai 5 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil akseptabilitas ahli materi 75% dengan kategori Baik, Tidak perlu direvisi, ahli media 80% dengan kategori Baik, Tidak perlu direvisi, ahli praktisi (konselor) 87% dengan kategori Sangat Baik, Tidak perlu direvisi, dan calon pengguna (siswa) 92% dengan kategori Sangat Baik, Tidak perlu direvisi. Data kualitatif didapatkan dari saran dan masukan oleh para ahli dan telah direvisi. Dengan hal tersebut media permainan truth or dare konsep diri telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Perlu adanya pengembangan pada tahapan uji lapangan sesuai dengan prosedur pengembangan Borg and Gall dan perlu adanya pengembangan informasi tentang konsep diri sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan pada lapangan selanjutnya. Kata kunci: pengembangan, truth or dare konsep diri, bimbingan kelompok, konsep diri.

Copyrights © 2019