Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 10, No 3 (2019)

PENERAPAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU PERUNDUNGAN SECARA FISIK PADA SISWA KELAS X DI SMK KRIAN 2

CAHYANI, ANNISA (Unknown)
SETIAWATI, DENOK (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

Perilaku perundungan secara fisik adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu secara terus-menerus dengan tujuan untuk menyakiti individu lain dalam bentuk fisik seperti mendorong, memukul, menampar, menginjak kaki, menjegal, melempari tubuh dengan barang, meludahi, dan menghukum yang menyebabkan individu lain merasa terancam dan lemah serta merasa individu pelaku memiliki kekuasaan atau ditakuti oleh banyak individu lain. Berdasarkan observasi dan wawancara terdapat dua siswa yang memiliki perilaku perundungan secara fisik yang tinggi di SMK Krian 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik self-instruction untuk mengurangi perilaku perundungan secara fisik pada siswa kelas X di SMK Krian 2. Penelitian ini menggunakan model penelitian Single Subject Design dengan desain A-B. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi perilaku perundungan secara fisik. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah dua siswa yang paling sering terlibat kasus perundungan secara fisik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi yaitu menganalisis perubahan data dalam satu kondisi yaitu dalam kondisi baseline dan kondisi intervensi. Berdasarkan hasil level stabilitas subyek V pada fase baseline (A) dari 87,5% menjadi 64,3% pada fase intervensi (B) dan subyek G pada fase baseline (A) dari 87,5% menjadi 71,4% pada fase intervensi. Pada level perubahan menunjukkan bahwa subyek V membaik (+) dan begitu juga subyek G membaik (+). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik self-instruction dapat mengurangi perilaku perundungan secara fisik pada siswa kelas X di SMK Krian 2. Kata Kunci : teknik self instruction, perilaku perundungan secara fisik

Copyrights © 2019