Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelolainstitusinya secara profesional, seperti layaknya sebuah perusahaan. Teknologi informasi dan komunikasimenjadi bagian penting bagi proses pengelolaan tersebut. Salah satu keunggulan tersebut berupa peningkatanlayanan dengan konsep Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM).“Pelanggan institusi pendidikan” dalam CRM ini adalah pemakai produk institusi pendidikan (dunia usaha),pemakai hasil riset yang dilakukan oleh dunia pendidikan (dunia usaha), mahasiswa, peminat/calon mahasiswa,dan alumni yang memerlukan jasa layanan karir. Sedangkan informasi yang dibutuhkan oleh pelangganmenyangkut informasi mahasiswa, peminat/calon mahasiswa, riset, lulusan/alumni dan informasi industri.Model ini menggambarkan proses akses interaksi “pelanggan” dengan institusi pendidikan dalam mengaksesCRM melalui website dan mobilephone. Model ini dapat memberikan gambaran aplikasi CRM untuk sebuahinstitusi pendidikan yang dapat menghasilkan database pelanggan yang kuat (termasuk kelengkapan profilpelanggan), memberikan analisis layanan dari setiap pelanggan, serta memberikan Interaksi dengan pelangganyang lebih targeted dan customized.Keywords: Model CRM, Institusi Pendidikan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Customer RelationshipManagement, Layanan Prima
Copyrights © 2008