Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasiglobal telah mengubah pola dan cara beraktivitas pada organisasi, institusi, industri, maupun pemerintahan.Fakta semakin meningkatnya ketergantungan organisasi kepada TI untuk mencapai tujuan strategi dankebutuhan organisasi menjadi pendorong utama pentingnya TIK. Begitupula pemanfaatan TIK di pemerintahan,sebagai upaya mengefisiensikan dan mengefektifkan penggunaan TI agar dapat memberikan pelayanan kepadapublik dengan baik. Keberlangsungan layanan pada pelayanan publik merupakan salah satu hal yang perluditata kelola agar penyelenggaran pelayanan dapat terselenggara dengan baik sehingga masyarakat danpengguna dapat terlayani sesuai dengan kebutuhannya. Manajemen resiko TI perlu dilakukan untukmengurangi dan menanggulangi resiko-resiko yang mungkin terjadi. Manajemen resiko TI dan merencanakanstrategi-strategi dalam keberlangsungan layanan TI harus dilakukan secara sistematis dan latihan yang terusmenerus untuk meningkatkan dan memperbaiki proses layanan TI. Kerangka kerja ITIL versi 3 digunakansebagai panduan dalam rangka menyusun langkah-langkah operasional agar keberlangsungan layanan TIdapat berfungsi dengan baik.Kata Kunci: Manajemen resiko TI, ITIL, Tata kelola, Keberlangsungan, Layanan TI
Copyrights © 2010