Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2011

EVALUASI KEMAMPUPAKAIAN SOFTWARE PENDIDIKAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Kristiana Asih Damayanti (Unknown)
Endro Freddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2011

Abstract

Semakin banyaknya ragam penggunaan media komunikasi untuk pendidikan, membuat media dalam bentuksoftware juga makin banyak digemari dan digunakan untuk berbagai tujuan. Sekolah Dasar (SD) merupakansalah satu tingkatan pendidikan yang mulai banyak menggunakan media tersebut untuk kegiatan pembelajaran,terutama untuk mengenalkan komputer kepada anak-anak. Pada makalah ini akan dibahas mengenai hasilevaluasi kemampupakaian (usability) pada software yang digunakan untuk Sekolah Dasar. Lima faktorkemampupakaian yang dilihat meliputi: efektivitas, efisiensi, kepuasan, kemampuan dipelajari, dan kemampuandisukai, kelima faktor tersebut digunakan untuk menguji software dengan menggunakan anak-anak SD kelas 1dan 2. Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa nilai kemampupakaian dari software masih di bawah 70%, selainitu juga muncul masalah-masalah dalam penggunaan software tersebut. Hasil pengujian digunakan sebagaidasar perancangan ulang tampilan software pendidikan untuk anak SD.

Copyrights © 2011