Jurnal IKA
Vol 16, No 2 (2018): September

PEMBERDAYAAN PERTANYAAN 5W+1H DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI

Wirta, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar  Geografi siswa dengan pemberdayaan pertanyaan 5W+1H. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Nusa Penida. Subjek penelitian ini adalah  siswa  kelas X IBB2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 22 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar Geografi siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pemberdayaan pertanyaan 5W+1H. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan penyebaran angket, setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pemberdayan pertanyaan 5W+1H  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IBB2 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor dari siklus I ke siklus II cukup signifikan, dimana rata-rata  hasil belajar yang dicapai 76,50 pada Siklus I meningkat  menjadi 81,68 pada siklus II dan (2) Penerapan model pembelajaran Inquiry  dengan pemberdayan pertanyaan 5W+1H  dalam pembelajaran  geografi dapat meningkatkan tanggapan siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata respon  siswa, dimana pada siklus I mencapai 60,86 meningkat menjadi 63,36 pada siklus II.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...