Jurnal IKA
Vol 11, No 1 (2013): Maret

PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA-IPA TERPADU DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Warta, Nyoman (Unknown)
Metriya, I Putu (Unknown)
Armini, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan (need assessment) siswa dalam belajar Matematika dan IPA di SMP Negeri 4 Banjar yang digunakan sebagai dasar pengembangan kurikulum Matematika-IPA Terpadu sebagai upaya peningkatan prestasi belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Pengembangan perangkat kurikulum mengadopsi alur penelitian pengembangan (research and development) yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap uji coba dilakukan di kelas VII semester ganjil dengan jumlah siswa 45 orang dibagi dalam dua kelompok, 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa sebagai kelompok kontrol dengan metode penelitian eksperimen dengan model “group prestet and posttest design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika-IPA Terpadu lebih efektif daripada pembelajaran regular dalam upaya meningkatkan prestasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa.Kata-kata kunci: kurikulum Matematika-IPA terpadu, prestasi belajar, keterampilan berpikir kreatif.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...