Jurnal IKA
Vol 16, No 2 (2018): September

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

Dewi, Cok Istri Agung Arista (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar IPA siswa, implementasi  melalui pendekatan scientific dengan metode inkuiri dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA5 SMP Negeri 1 Singgaraja sebanyak 28 orang yang dilaksanakan pada semester Genap tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk   objektif untuk mengukur aspek kognitif siswa, lembar observasi untuk sikap dan keterampilan siswa,  kuisioner untuk minat  dan tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Data  dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendekatan scientific dengan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran IPA. Hal ini dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan skor minat siswa pada siklus I sebesar 72 (kualifikasi tinggi) dan siklus II sebesar 82,45 (kualifikasi sangat tinggi), (2) implementasi pendekatan scientific dengan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik pada aspek kognitif, sikap, keterampilan dan  hasil tes kognitif  telah melampau KKM ( nilai KKM ≥ 78). Peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti pelajaran IPA dengan metode inkuiri dapat dilihat dari adanya peningkatan sebesar 10,53% (dari 17 pada siklus I menjadi 19 pada siklus II), (3) Respon siswa terhadap implementasi pendekatan scientific dengan metode inkuiri dengan nilai rata-rata 63,93 termasuk kategori sangat positif. Oleh karena itu, seyogyanya guru IPA di SMP dapat mengimplementasikan pendekatan scientific dengan metode inkuiri sebagai alternatif pembelajaran IPA, untuk meningkatkan minat dan hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...