Guru Membangun
Vol 21, No 1 (2009): GM Edisi Januari Vol. 21 No. 1 Tahun 2009

Melatih keterampilan menulis bahasa-bahasa inggris siswa SMA kelas II(Analisis wacana tentang penggelolaan dirilis dalam kegiatan penelitian tindakan kelas )

Eusabinus Bunau (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2012

Abstract

Analisis wacana ini dimaksudkan untuk menawarkan cara melatih keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa melalui Drills untuk memberdayakan kemampuan siswa SMA mengambil manfaat (beneficiary) atas informasi dan komunikasi, khususnya IPTEKS, yang disajikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, dengan kompetensi menulis, siswa juga diharapkan mampu berperan sebagai produser informasi dan mengkomunikasikan informasi kepada dunia luar melalui bahasa inggris, mulai dari lingkup komunitas terkecil, yaitu ruang kelas. Analisis wacana ini bertujuan untuk mengintervensi metode pembelajaran konvensional sehingga penguasaan dan penggunaan bahasa inggris, khususnya untuk kompetensi dasar menulis, dapat ditingkatkan. Materi yang akan diajarkan merupakan satu inovasi untuk menyiasati isi buku pelajaran siswa. Unsur-unsur pertimbangan inovasi materi Drills menulis melalui kegiatan PTK meliputi Contextual Teaching Learning, Guided Questions to Writing dan Mapping Idea. Pertimbangan lain adalah bahwa Drills tetap harus didisain menurut kaidah KTSP dan silabus mata pelajaran bahasa inggris.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jgmm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Guru Membangun terbit pertama kali sekitar tahun 1990-an yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Pada perjalanannya, setelah mendapatkan issn versi cetak, jurnal ini mengalami kekosongan terbitan, sehingga ada beberapa tahun jurnal mengalami "mati suri". Di ...