Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sampel penelitian ini yang berjumlah 124 responden dari 303 populasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dijawab oleh subyek dan selanjutnya dianalisis statistik dengan menggunakan komputer program “Statistical Packages for Social Science” (SPSS) for Windows Release 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 0,424 diterima pada taraf sig. 5%. (2) ada pengaruh signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji t yang diperoleh thitung X2 = 0,008 ditolak pada taraf sig. 5%. (3) tidak ada pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji t yang diperoleh thitung X3 = 0,419 diterima pada taraf sig. 5%. (4) ada pengaruh antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji f yang diperoleh sig. 0,033 ditolak pada taraf sig. 5%, hasil analisis regresi juga memperoleh nilai koefidien korelasi (R=0,265) atau sebesar (26,5%) dan nilai koefisien determinasi (R²=0,047) atau sebesar (4,7%). Ini berarti (4,7%) tingkat pemahamana akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar, dan sisa nya dijelaskan oleh variabe lain.
Copyrights © 2016