Jurnal Ilmiah Admnistrasi Niaga
Vol. 16 No. 2 (2016): Jurnal Orasi Bisnis November 2016

PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPOR GAS RINNAI PADA KONSUMEN KELURAHAN CEREME TABA KOTA LUBUK LINGGAU

Ronal Aprianto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh brand image dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuklinggau. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner  dan observasi serta dokumentasi langsung dengan pihak terkait. Dimana Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling, dengan metode Purposive Sampling. Analisis ini menggunakan dasar perhitungan regresi linier berganda, dengan menggunakan program SPSS.17.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoeh persamaan Y= 17,072 + 0,301 X1 + 0,426 X2, nilai konstanta (a) sebesar 17,072 ini berarti bahwa apabila variabel brand image dan word of mouth communication tidak ada atau nilainya nol,maka nilai dari keputusan pembelian 17,072, sedangkan nilai koefesien regresi (b1) variabel brand image, sebesar 0,301, hal ini menunjukkan apabila nilai brand image meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,301. Sedangkan nilai koefesien regresi (b2) variabel word of mouth communication sebesar 0,426, hal ini menunjukkan apabila nilai word of mouth communication meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,426. Dari hasil perhitungan koefesien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R2 sebesar 0,529. Hal ini menunjukkan bahwa varian keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh varian brand image dan word of mouth communication sebesar sebesar 0,529 atau sebesar 52,9% dan setelah disesuaikan nilai sisanya 0,471 atau sebesar 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai fhitung = 36.571 ³ ftabel = 3,13diperoleh dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, dan df 2 (n-1) = 68-1 =67 (n adalah jumlah data), seghingga didapat nilai ftabel sebesar 3,13 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara Brand Image (X1) dan Word of Mouth Communication (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota lubuklinggau.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

admniaga

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Orasi Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang Administrasi Bisnis yang diterbitkan oleh Jurusan administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya, Terbit dua edisi bulan Mei dan Bulan Nopember setiap ...