Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi ekosistem melalui penerapan Media MindManager dan Media Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Marusu Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Marusu yang aktif selama tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas 6 kelas, dan terpilih kelas X1 sebanyak 31 siswa sebagai kelompok media MindManager dan kelas X2 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok media Powerpoint. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada ranah kognitif materi ekosistem berupa pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Anakova diperoleh nilai signifikansi 0,035 < α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar materi ekosistem melalui penerapan media MindManager dan Media Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Marusu Kabupaten Maros.
Copyrights © 2013