bionature
Vol 14, No 2 (2013): Oktober

Perbedaan Hasil Belajar Materi Ekosistem melalui Penerapan Media MindManager dan Media Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Marusu Kabupaten Maros

Firdaus, Daud (Unknown)
A. Rahmawati, D. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) yang bertujuan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar materi ekosistem melalui penerapan Media MindManager dan Media Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Marusu Kabupaten Maros. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Marusu yang aktif selama tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas 6 kelas, dan terpilih kelas X1 sebanyak 31 siswa sebagai kelompok media MindManager dan kelas X2 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok media Powerpoint. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada ranah kognitif materi ekosistem berupa pretest dan posttest. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Anakova diperoleh nilai signifikansi 0,035 < α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar materi ekosistem melalui penerapan media MindManager dan Media Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Marusu Kabupaten Maros.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...