Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 20, No 2 (2019)

Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuatan Pupuk Organik

Pancawati Nirwana (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Muhammad Jasri Djangi (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Sumiati Side (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembuatan pupuk organik yang valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran matakuliah Kimia Lingkungan. Pengembangan LKM ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas lima fase yaitu investigasi awal, perancangan, realisasi/ konstruksi, tes, evaluasi, dan revisi, serta implementasi. Ujicoba terbatas terhadap LKM dilakukan pada mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas instrumen validasi LKM, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar penilaian laporan dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKM dinyatakan valid berdasarkan penilaian dua orang validator dengan nilai rata-rata validitas sebesar 3,10; (2) LKM dinyatakan efektif berdasarkan persentase aktivitas mahasiswa sebesar 81,11% dan nilai rata- rata laporan sebesar 79,49 dengan kategori efektif; (3) LKM dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon mahasiswa dengan persentase rata- rata respon positif sebesar 81,00% pada kategori praktis. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Model Plomp, LKM, Pupuk Organik ABSTRACT The research was a research and development that aimed to develop students worksheet on making organic fertilizer which valid, effective, and practice and could be used in that learning chemical environment. This research used development of Plomp model consisted of five phase namely prelimenary investigation, design, realization/construction, test, evaluation and revision, and implementation. The limited of the student’s worksheet was conducted to 15 student’s academic year 2013. The instrument of the research are validation sheet of student’s worksheet, observation sheet of student’s activities, the assessment sheet report, and namely the questionnaire. The research result was indicated that: (1) Student worksheet were valid based on the assessment of two validators with the average of the validity score 3,10; (2) Students worksheet were effective based on the students activities presentation of 81,11% and the average of report score was effective of 79,49; (3) Student worksheet were practice based on the result of the questionnaire of 81,00%. Keywords: Research and Development, Plomp, Students Worksheet, Organic Fertilizer

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...