cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
ISSN : 14116502     EISSN : 27228649     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 280 Documents
Visualisasi Hukum Perbandingan Volume dan Hipotesis Avogadro dengan Menggunakan Barang Bekas untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XA SMAN 1 Bantaeng Sumiati S.
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 10, No 2 (2009)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.413 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v10i2.427

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Bantaeng semester 1 tahun pelajaran 2007/2008. dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memudahkan siswa dalam mempelajarai konsep  kimia pada kompetensi Hukum Perbandingan Volume dan Hipotesis Avogadro; (2) untuk meningkatkan  aktif dan kreatifitas siswa  dalam belajar kimia (Hukum Perbandingan Volume dan Hipotesis Avogadro). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa:(1) pada siklus I terlihat bahwa pembelajaran dengan menggunakan Charta belum menunjukkan hasil yang maksimal, dan belum mampu membuat siswa aktif dan kreatif. (2) pada siklus II. menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan teknik visualisasi dengan alat peraga molymod sederhana dari barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. Kata Kunci: hipotesis Avogadro, barang bekas, aktivitas hasil belajar ABSTRACT This study is a classroom action research and as a subject is the students of class XA SMA N 1 Bantang 1th semester in academic year 2007/2008. the total students is 35 that consist of the 20 students male and 15 students female. This research consist of two cycles that aimed to; (1) mak the student easier to learning the chemistry concepts in competence of volume proportion low and  hypothesisAvogadro, (2) increasing the activity and creativity in learning the volume proportion low and hypothesisAvogadro. The results of the resesrch show that; (1) in the first cycle hasn’t yet indicate learning result, activity and creativity of students maximum. (2) in the second cycle by using visualization technique with molymod from reusing things can increase achievement, activity and creativity of the students Key word: volume comparison law, Avogadro hypothesis, reusing things, and activity and learning result of students
ANALISIS KANDUNGAN MINERAL PASIR PANTAI LOSARI KOTA MAKASSAR MENGGUNAKAN XRF DAN XRD Alimin Alimin; Maryono Maryono; Suriati Eka Putri
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 17, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.369 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v17i2.4681

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian yang berjudul analisis kandungan mineral pasir pantai losari kota Makassar menggunakan XRF dan XRD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persentase kandungan mineral dalam pasir pantai Losari kota Makassar.Instrumen yang digunakan adalah XRF dan XRD dimana sampel ditempatkan dalam sample holder kemudian diradiasi dengan sinar X.Berdasarkan hasil analisis kandungan oksida logam dan mineral dalam pasir pantai Losari maka dapat disimpulkan bahwa pasir pantai Losari memiliki potensi untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan material nano silika. Berdasarkan hasil analisis XRF kandungan SiO2 sebesar 63,76 % dan hasil analisis XRD kandungan mineral kristobalit (SiO2) sebesar 20,7 %.ABSTRACTHas been done a research about analysis of mineral on Losari beach sand in Makassar using XRF and XRD. The aim of this study was to determine the percentage of mineral content in Losari beach sand.Instrumen used are XRF and XRD which the sample is placed in the sample holder and then irradiated with X-ray. According the results oxide content analysis of metals and minerals in Losari beach sand, it can be concluded Losari sand have the potential to serve as the manufacture of nano-silica material. Based on the results of XRF analysis SiO2 content of 63.76 % and the results of XRD analysis of the mineral content of cristobalite (SiO2) of 20.7 %.
Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran SQ3R di Kelas X1 SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia Jusniar .; Melati Masri; DianaEka Pratiwi
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.283 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v13i1.597

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan cara menerapkan langkah-langkah pembelajaran SQ3R yang dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas X1 SMAN 1 Bajeng pada materi pokok struktur atom, Sistem periodik dan Ikatan Kimia. Dilakukan dua siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek  penelitian adalah  siswa kelas X1 yang terdiri dari 33 siswa. Diperoleh langkah-langkah sebagai berikut; 1) membantu siswa mendapatkan gambaran keseluruhan kandungan pokok dalam materi dan menyuruh siswa mencatat bagian-bagian penting dari materi tersebut pada kertas, 2) memberi petunjuk kepada siswa menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat dan relevan dengan tujuan pembelajaran, 3) menyuruh siswa membaca dan mencatat secara aktif dalam mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun, 4) menunjuk siswa secara langsung menyebutkan jawaban pertanyaan yang telah disusun, 5) memberikan kesempatan dan memotivasi siswa lain untuk menanggapi siswa yang menyebutkan jawabannya dan memberikan penjelasan apabila ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, 6) menyuruh siswa meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban yang telah disusun, 7) mengarahkan siswa untuk menyampaikan kesimpulan mengacu pada tujuan pembelajaran. Langkah pembelajaran ini mampu meningkatkan partisipasi siswa dari 37,88% pada siklus 1 menjadi 38,89% siklus 2, ketuntasan belajar siswa siklus 1 54,55% menjadi 75,76% pada siklus 2. Kata Kunci: Metode SQ3R, Partisipasi   ABSTRACT This action research aims to find ways to apply SQ3R learning steps to increase the participation of students in SMAN 1 Bajeng class X1 with the atomic structure, periodic systems and Chemical Bonding topics. Two cycles and consists of four phases: planning, action, observation / evaluation and reflection. Subjects were the students of class X1 consisting of 33 students. Obtained the following steps: 1) to help students gain an overall picture of the content of the subject matter and having thestudents to recordthe important parts of the material in the paper, 2) provide guidance to the students to formulate questioner with clear, concise and relevant to the purpose learning, 3) having students to read and recorded actively in the search for the answers of questions that had been developed, 4) refer students directly mention the answers that have been prepared, 5) provide opportunities and motivate other students to respond the students whom answer and provide an explanation if there is a problem that can not be resolved, 6) having students to review the whole question and answers have been compiled, 7) directing students to submit conclusions refer to the learning objectives. The steps of this learning increase the participation of students from 37.88% in Cycle 1 to 38.89% in cycle 2, mastery learning students in cycle 1 54.55% to 75.76% in cycle 2. Keywords: Method SQ3R, Participation
Penggunaan Media iMindMap7 pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Studi tentang Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPA 1 MAN 2 Model Makassar pada Materi Pokok Laju Reaksi) Mutmainnah Syam; Muhammad Jasri Djangi; Muhammad Danial
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 19, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.714 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v19i1.6656

Abstract

ABSTRAK          Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Model Makassar yang dibelajarkan melalui penggunaan media iMindMap pada model pembelajaran koopertaif tipe STAD. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media iMindMap pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dengan aktivitas siswa pada materi pokok laju reaksi. Subjek penelitan adalah kelas IX IPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Desain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan data hasil penelitian dilakukan dengan lembar observasi dan pemberian Tes Hasil Belajar (THB) sebanyak 20 nomor yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan N-gain. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran iMindMap pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 35,66 dengan standar deviasi sebesar 8,78 dan setelah dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran iMindMap pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 78,33 dengan standar deviasi 8,23. Berdasarkan hasil analisis N-Gain diperoleh peningkatan gain sebesar 35%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar setelah dibelajarkan dengan menggunakan media iMindMap pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Makassar mengalami peningkatan.Kata Kunci: iMindMap, STAD, hasil belajar, aktivitas ABSTRACTThis study is a pre-experimental research that aims to determine learning outcomes of XI Exact 1 Students in MAN 2 Model Makassar that has been studied among used iMindMap media in Cooperative Learning Model type STAD. The iMindMap media in Cooperative Learning Model type STAD as independent variables and the study result with the activity of the students on reaction velocity as a dependent variabel. The subject in this research is all students of XI Exact 1 Class MAN 2 Model Makassar that consist of 30 students. One Group Pretest-Posttest Design is a design that used in this research. The data was collected by observation sheet and by giving 20 validated tems of study result test. The data was analyzed by descriptive analysis and N-gain. The result of descriptive analysis show the mean score of study result before studied with use iMindMap Media in Cooperative Learning Model type STAD is 35,66 with deviation standar 8,78 and has been studied with use iMindMap Media in Cooperative Learning Model type STAD is 78,33 with deviation standar 8,23. Base on N-Gain analysis show the gain is 35%. It is means that the used of iMindMap Media in Cooperative Learning Model Type STAD XI Exact 1 Class MAN 2 Model Makassar increased.Keywords : iMindMap, STAD, study result, activity
Identifikasi dan Uji Bioaktivitas Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Kloroform Daun Tembelekan (Lantana camara Linn) Nurramaniah Nurrahmaniah; Sumiati Side; Iwan Dini
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.363 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v15i1.4602

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji bioaktivitas senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam ekstrak kloroform daun tembelekan (L. camara Linn). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya ekstraksi, fraksinasi, pemurnian, dan identifikasi. Hasil penelitian diperoleh isolat berupa kristal putih berbentuk jarum dengan titik leleh 230-232oC sebanyak 12,2 mg, uji dengan pereaksi Liebermann-Burchard memberikan warna merah ungu yang menunjukkan positif terpenoid. Spektrum IR menunjukkan bilangan gelombang (cm-1) yakni 3317 (OH), 2926, 2858, 1463, 1438 (CH3 dan CH2), 1737, 1695 (C=O), 1230, 1139 (C–O), dan 1647 (C=C). Elusidasi struktur senyawa dengan spektroskopi IR, 1H-NMR dan 13C-NMR menunjukkan isolat memiliki kemiripan dengan senyawa triterpenoid lantaden B. Isolat bersifat bioaktif terhadap bakteri S. aureus dan E. coli dengan luas rata-rata daya hambat masing-masing yaitu 1,48 mm dan 9,86 mm.Kata kunci: L. camara Linn, triterpenoid, lantaden B, antibakteri, S. aureus, E. coliABSTRACTThe aim of this research is to identify and to test the bioactivity of the secondary metabolite compound contained in chloroform extract tembelekan (L. camara Linn) leaf. This research consisted of several stages: extraction, fractionation, purification, and identification. The research obtained isolate of white-needle crystal, with melting point at 230-232oC had 12,2 mg weight, and the test with Liebermann-Burchard reagent gave a purple-red colour, indicated terpenoid positively. IR spectrum showed the wavelength (cm-1): 3317 (OH), 2926, 2858, 1463, 1438 (CH3 and CH2), 1737, 1695 (C=O), 1230, 1139 (C–O), and 1647 (C=C). Based on the elucidation of compound structure with IR, 1H-NMR and 13C-NMR spectroscopy indicate that isolate has similarity with triterpenoid compound lantadene B. The isolate had bioactive characteristic to S. aureus and E. coli bacteria with inhibitor diameter of 1,48 mm and 9,86 mm.Keywords: L. camara Linn, triterpenoid, lantadene B, antibacterial, S. aureus, E. coli
Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Interkoneksi Multiplelevel Representasi Mahasiswa Calon Guru pada Topik Kesetimbangan Larutan Asam-Basa Ida Farida; Liliasari ,; Wahyu Sopandi
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.517 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v12i1.131

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi merupakan aspek penting agar dapat berhasil memecahkan masalah kimia. Pemahaman pebelajar ditunjukkan oleh kemampuannya  mentransfer dan menghubungkan multiple representasi kimia, yaitu makroskopik,  submiskroskopik dan simbolik dengan berbagai mode representasi atau disebut juga interkoneksi multiple level representasi kimia (IMLR). Mahasiswa calon guru harus memahami hubungan ketiga level representasi kimia secara internal dan  dapat menyajikannya kembali ketiga representasi tersebut dalam pembelajaran, agar kelak menjadi guru yang handal. Untuk itu  dikembangkan suatu model perkuliahan menggunakan sistem manajemen belajar berbasis Moodle 2.0. Adapun desain pembelajaran dikembangkan dengan memanfaatkan fitur-fitur ; lesson page, forum diskusi, penugasan (assignment).  Implementasi model menggunakan metode quasi eksperimen dengan one group pretes-postes design terhadap 37 mahasiswa calon guru di salah satu LPTK di Bandung menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan IMLR mahasiswa  pada topik kesetimbangan larutan asam-basa. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menyarankan perlunya dikembangkan lebih luas desain belajar  IMLR  berbasis web untuk meningkatkan mutu program pendidikan calon guru ataupun program peningkatan kompetensi professional guru kimia di lapangan. Kata kunci : Pembelajaran berbasis web, interkoneksi multiple level representasi, Kesetimbangan larutan asam-basa ABSTRACT Representational competence is an important aspect of successful problem solving in chemistry. Students' understanding indicated by the ability to transfer and connection between macroscopic phenomena, submicroscopic and symbolic representation or also called the interconnection of multiple levels representation (IMLR) competence.  Preservice chemistry teachers should be achieved IMLR competence so that later will be applied it after they become   teachers.  Development of web-based learning management system that support the IMLR competence to improve the quality of preservice chemistry teachers carried out by  Web-based learning with Moodle 2.0 utilize features; lesson page, discussion forums, and assignment.  The  implementation of web-based learning using quasi experiment method with one group pretest-postest design. Involvement of  37 preservice chemistry teachers at teacher education program in Bandung. Results showed that IMLR competence preservice chemistry teachers increased significantly in topic of acid-base equilibrium. Most of students gave positive feedback and expected to continue web-based learning on other topics of chemistry. It is suggested to applied web-based learning design to enhance IMLR competence preservice chemistry teachers widely as well as to enhance professional competence of inservice chemistry teachers. Key words: Web-based learning, interconnection of multiple levels of representation, acids-bases solution equilibrium
Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak n-Heksan Batang Brotowali (Tinospora crispa Linn) Marlina Marlina; Sudding Sudding; Pince Salempa
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 16, No 2 (2015)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.699 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v16i2.4561

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah penelitian eksplorasi yang bertujuan untuk mengisolasi senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam ekstrak n-heksana daun Tinospora crispa Linn. yang berasal dari kelurahan desa Padang, kecamatan Gantarang, kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Isolasi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu maserasi, partisi dengan n-heksana, fraksinasi, uji kemurnian dan identifikasi. Hasil penelitian diperoleh isolat murni berupa kristal jarum berwarna putih bening dengan titik leleh 108,5-109,50C. Hasil uji dengan pereaksi Liebermann-Buchard membentuk cincin hijau menunjukkan positif steroid. Isolat diidentifikasi dengan menganalisis spektrum infra merah yang menunjukkan bilangan gelombang (cm-1) yakni: 1055,06 (C-O); 1462,02 dan 1377,17 (CH2 dan CH3), 1653,00 (C=C); 2933,73 (C-H); 3439,08 (OH alkohol) dan hasil GC-MS menunjukkan massa molekul senyawa 396. Berdasarkan hasil analisis dan penelusuran literatur serta membandingkan pada database Willey Library menunjukkan bahwa isolat adalah senyawa golongan steroid dengan struktur yang disarankan stigmastan-3,5-diena dengan nama trivial cholestadiena.Kata kunci: Isolasi, T.crispa Linn., steroid, GC-MS, stigmstan-3,5-diena, cholestadienaABSTRACTThis study is exploratory research that aim to isolate the secondary metabolite compound contained in the n-hexane extract of stam of Tinospora crispa Linn from Padang villages, districts Gantarang, regency Bulukumba, Sulawesi Selatan. Isolation is done in several stages, maceration, partitioning with n-hexane, fractionation, purity testing and identification. The result is obtained pure isolate white needle crystal with a melting point of 108,5-109,5 . The test result with the Liebermann-Buchard reagent to form a green ring indicated a positive steroid. Isolate is identified by analyzing the infra red spectrum which showed the wave number (cm-1) are: 1055,06  (CO); 1462,02 and 1377,17 (CH2 and CH3), 1653,00 (C = C); 2933,73 (C-H); 3439,08  (OH alcohol) and the result of GC-MS showed a compound molecular weight of 396. Based on the analysis and literature and compare the Willey Library database showed that isolate is steroid compound it is suggested a Stigmastan-3,5-diene with trivial name Cholestadiene.Keyword: Isolation, T.crispa Linn., Steroid, GC-MS, Stigmastan-3,5-diene,, Cholestadiene
Senyawa Terpenoid Turunan Lupeol dari Ekstrak Kloroform Kulit Batang Tumbuhan Paliasa (Kleinhovia hospita Linn.) Iwan Dini
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 9, No 2 (2008)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.869 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v9i2.415

Abstract

ABSTRAK Senyawa golongan terpenoid diduga sebagai turunan lupeol telah diisolasi dari kulit batang tumbuhan paliasa Kleinhovia hospita Linn., Sterculiaceae. Senyawa ini diperoleh dari hasil fraksinasi ekstrak kloroforom berupa kristal berbentuk jarum dengan titik leleh 120 0C. Diidentifikasi berdasarkan perbandingan data standar spektrum IR menunjukkan kemiripan 79,61% dengan senyawa lupeol dan hasil uji kualitatif dengan pereaksi Liebermann Burchard menunjukkan positif triterpen. Kata kunci: Terpenoid lupeol, Paliasa ABSTRACT Terpenoid compound, lupeol derivate, was isolated from tree bark of paliasa plant Kleinhovia hospital Linn., Sterculiaceae. This compound was obtained by fractionation of chloroform extract; in the form of needle crystal with the melting point 1200C. Identified by comparison of IR spectrum standard data to show likely 79.61% with the lupeol compound and the result of qualitative test  by Liebermann Burchard reagent where is shown positive as a triterpen. Keywords: Terpenoid lupeol, Paliasa
Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare pada Mata Pelajaran Kimia St. Humaerah Syarif; Haris Munandar
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 18, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.892 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v18i1.4669

Abstract

ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Parepare, dan (2) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Parepare. Data dikumpulkan melalui 230 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana (proporsional random sampling). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Parepare berada pada kategori sedang dan hasil belajar pada kategori tinggi, dan (2) ada hubungan linear kecerdasan emosional dengan hasil belajar.Kata kunci: Kecerdasan emosional, Hasil belajarABSTRACTThe study aimed at examining (1) describe of emotional intelligence and learning result of grade XI IPA students at SMAN in Parepare, (2) correlation between emotional intelligence and learning result. The kind of the study was ex-post facto research. The population of the study was the entire students of grade XI IPA at SMAN in Parepare. Data were collected with 230 samples taken by employing proportional random sampling technique. Data were analyzed by employing statistics descriptive and inferential analysis. The result of the study revealed that (1) emotional intelligence was in fair category and learning result was in high category, (2) there was correlation between emotional intelligence and learning result.Keywords: emotional intelligence, learning result
Pengembangan Perangkat Alat Evaluasi Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dalam Praktikum Kimia Dasar Tinggi Banggali; Melati Masri; Munir Tanrere
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.12 KB) | DOI: 10.35580/chemica.v12i2.504

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan ujuan untuk mengetahui bentuk atau format perangkat penilaian bBerbasis aktivitas dalam Praktikum Kimia Dasar yang dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen kimia bagi mahasiswa. Data melalui wawancara mendalam dengan dosen pengasuh mata kuliah Kimia Dasar dan beberapa mahasiswa yang telah mengikuti praktikum Kimia Dasar. Tahap Perencanaan penyusunan prototipe alat evaluasi kegiatan laboratorium yang terdiri dari format penilaian pralab, format penilaian kegiatan praktikum, dan format penilaian laporan praktikum. Tahap Pengembangan; data mengenai alat evaluasi yang dikembangkan dikumpulkan berdasarkan instrumen evaluasi produk oleh 4 validator. Tahap Implementasi; data pada implementasi dikumpulkan berdasarkan  wawancara dengan dosen pengasuh mata kuliah dan praktikum Kimia Dasar, serta asisten pengawas dalam pelaksanaan praktikum Kimia Dasar.  Hasil penelitian adalah  produk format penilaian kegiatan laboratorium yang terdiri dari (1) Format penilaian pralab, (2) format penilaian kegiatan praktikum, dan (3) format penilaian laporan praktikum. Ketiga format tersebut dapat digunakan dengan baik oleh dosen/asisten laboratorium, praktikum menjadi seragam antara dosen/asisten yang satu dengan yang lainnya, mahasiswa menjadi lebih termotivasi dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan laboratorium dan keterampilan proses mahasiswa akan lebih meningkat. Kata kunci: Pengembangan, alat evaluasi laboratorium, keterampilan prosesABSTRACT This is development research to determine the format sssessment based activity in basic chemistry practical subject that can improve the skills proces of experimental of students. Data collec interviews with lecturer and some students who have attended basic bhemistry lab. Planning stage preparation laboratory evaluation of a prototype tool that consists of pralab assessment format, the format of assessment lab activities, lab reports and assessment format. Stage of development; data on the evaluation tool was developed based on the products evaluation instrument collected by four validator. Implementation Phase: data were collected by interviews with lecturer, students and assistant of Basic Chemistry lab. The results as assessment format which consists of laboratory activities (1) Format pralab assessment, (2) assessment format lab activities, and (3) assessment format lab report. All three formats can be used well by the lecturer/lab assistant, lab work to be uniform between the lecturer/assistant to one another, students become more motivated and prepared to follow the activities of the lab and students process skills will be increased. Keyword: Development, evaluation tools of laboratory activities, process skill.

Page 1 of 28 | Total Record : 280