Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGGUNAAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PERUBAHANNYA

Erniwati Erniwati (Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO)
Rosdiana Eso (Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO)
Sitti Rahmia (Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2015

Abstract

This study was an experimental study with practical application of video-based media in learning, which aims to improve student learning outcomes in the subject matter and temperature changes. Research conducted in this Kendari SMPN5 utilize VIIB class as experimental class and class VIIa as a control class. The results of this study showed that the mean scores of post-test experimental class students significantly better than the average score post-test control class indicated by the average score of students' post-test experimental class at 61.37 and scores the average post-test control class at 43.27 with thit value = 3.82> ttab = 2.01 at α = 0.05. While the average score gain results-physics students learn science class experiment significantly better than the average score gain results Physics students learn science-control class indicated by the average score of student learning outcomes gain of 0.40 and the experimental class the average score gain control class student learning outcomes of 0.24.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penerapan media praktikum berbasis video dalam pembelajaran,yang bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan perubahannya. Penelitian yang dilakukan di SMPN 5 Kendari ini memanfaatkan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen sebesar 61,37 dan skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol sebesar 43,27 dengan nilai thit = 3,82 > ttab = 2,01 pada α = 0,05. Sedangkan skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,40 dan skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,24.Kata Kunci:  media praktikum berbasis video, hasil belajar siswa

Copyrights © 2014