Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS X-MIA 8 DI SMA NEGERI I SUNGGUMINASA

Rahmawati H (SMA Negeri 1 Sungguminasa, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

This research aims to enhance creative thinking skills of students of class X-MIA 8 SMA Negeri 1 Sungguminasa through guided inquiry learning. This type of research was classroom action research. Subjects in this study were students of class X-MIA 8 SMA Negeri I Sungguminasa, Gowa regency in 2015/2016 academic year, consisting of 49 students. The study results showed that (1) the learing activity of students through guided inquiry approach has increased from the first cycle of 32% (low category) to 72% (high category) in the second cycle, (2) the observation of the management of learning by teachers in the first cycle and Second one were in the range of 90% ≤NR ≤100%, thus categorized as very good category, (3) the average score of student worksheet (LKPD) increased from 3.3 at first cycle to 4.0 in the second cycle, (4) the average score of creative thinking skills of students has increased from 57.78 in the first cycle into 94.27 in the second cycle or an enhancement of 63.15%.Key words: guided inquiry approach, creative learning skillPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri 1 Sungguminasa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-MIA 8 SMA Negeri I Sungguminasa, Kabupaten Gowa tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 49 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 32% (kategori rendah) menjadi 72% (kategori tinggi) pada siklus II, (2) hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada pada rentang 90% , sehingga dikategorikan sangat baik, (3) skor rata-rata LKPD mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 3.3 menjadi 4.0 pada siklus II, (4) skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 57.78 menjadi 94.27 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 63.15%.Kata Kunci:  Pendekatan inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kreatif 

Copyrights © 2016