Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

MAKNA POLA PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GOWA

Fitriani, Serli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui makna pola pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gowa. Subjek penelitian adalah peserta didik yang memiliki presepsi bagus terhadap pola pembelajaran guru fisika dan bersedia diamati aktivitasnya dan dimintai pendapatnya. Data hasil penelitian diperoleh melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data, memilah data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Data diabsahkan dengan pepanjangan waktu pengamatan, triangulasi metode, triangulasi waktu, member chek dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pembelajaran fisika bermakna bagi peserta didik sebagai penguat potensi yang sudah dimilikinya. Pola pembelajaran bermakna bagi peserta didik ketika pola sesuai dengan pengetahuan awal, kebiasaan, karakter dan nilai yang dimiliki peserta didik.

Copyrights © 2018