Diajar menggunakan media simulasi virtual dan tanpa menggunakan media simulasi virtual pada SMA Negeri 1 Bua Ponrang serta mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik kelompok yang diajar menggunakan media simulasi virtual dan kelompok yang diajar tanpa menggunakan media simua vitual pada SMA Negeri 1 Bua Ponrang. Jenis penelitian ini true experimental design dengan desain peneltian posttest-only control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas x1 sebanayak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas x2 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol. selanjutnya berdasarkan analisis dekstiptif diperoleh pemahaman konsep kelas eksperimen berada pada kategori sedang sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang. Untuk analisis inferensial diperoleh bahwa data bersifat homogen dan berdistrubusi normal sehingga selanjutnya dilakukan uji ipotesis yang menunjukkan bahwa h0 diterima dan h1 ditolak, artiyna tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep fisika kelompok yang diajar menggunakan media simulasi virtual dengan kelompok yang diajar tanpa menggunakan media simulasi virtual. Kata kunci : Pemahaman konsep fisika, Media simulasi vitual
Copyrights © 2018