Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGARUH MEDIA PRESENTASI BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Hastuti Suryaningsih (Jurusan Fisika FMIPA UNM)
Ahmad Yani (Universitas Negeri Makassar)
Herman Herman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2015

Abstract

Abstract: The Influence of Scientific Approach Based Presentation Media towards Physics Concept Comprehention in Class XI IPA SMAN 10 Makassar. This research aims to; (1) determine how high the student’s understanding of  physics concept which are taught by a Scientific Approach Based Presentation Media. (2) determine how high the student’s understanding of  physics concept which are taught by conventional presentation media, and (3) determine whether there is any significant difference to the Physics Concept Comprehentions between classes which are taught using a Scientific Approach Based Presentation Media and conventional media presentation. This research is a quasi experiment using Static-Group Comparison with the variable independent is the media presentation consisting of two dimensions, media presentations based scientific approach and conventional presentation media, and the dependent variable is the Physics Concept Comprehentions. The populations were students of class XI IPA SMAN 10 Makassar with samples taken directly. Data were processed by descriptive and inferential to describe the student’s Physics Concept Comprehentions. Descriptive analysis showed that the average score of students who are taught using Scientific Approach Based Presentation Media is 14,60 with the ideal score is 23 and the deviation standard is 2,77. While the average score of students who are taught using conventional presentation media is 11,60 with the ideal score is 23 and the deviation standard is 3,09. Inferential analysis techniques on hypothesis testing using t-test two parties with significant level α = 0.05 was obtained t = 7.239 and t table = 1.997, based on testing criteria of the value t, it can be concluded that there are significant differences between the student’s Physics Concept Comprehentions who are taught using Scientific Approach Based Presentation Media and conventional presentation media in class XI IPA SMAN 10 Makassar academic year 2014/2015.Keywords: : scientific approach based presentation media, understanding physics conceptsAbstrak: Pengaruh Media Presentasi Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan media presentasi berbasis pendekatan ilmiah. (2) mengetahui seberapa besar pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan media presentasi konvensional, dan (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep fisika antara kelas yang diajar menggunakan media presentasi berbasis pendekatan ilmiah dan media presentasi konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment menggunakan Static-Group Comparison dengan variabel bebas adalah media presentasi yang terdiri atas dua dimensi yaitu media presentasi berbasis pendekatan ilmiah dan media presentasi konvensional dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep fisika. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA  SMA Negeri 10 Makassar  dengan sampel diambil secara langsung. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif dan inferensial untuk menggambarkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan media presentasi berbasis pendekatan ilmiah sebesar 14,60 dengan skor ideal 23 dan standar deviasinya sebesar 2,77. Sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan media presentasi konvensional sebesar 11,60 dengan skor ideal 23 dan standar deviasi sebesar 3,09. Teknik analisis inferensial pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung =7,239 dan ttabel = 1,997, berdasarkan kriteria pengujian terhadap nilai t maka dapat disimpulkan bahwa terdapat  perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan media presentasi berbasis pendekatan ilmiah dan media presentasi konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar Tahun ajaran 2014/2015.Kata Kunci:  media presentasi berbasis pendekatan ilmiah, pemahaman konsep fisika

Copyrights © 2015