Jurnal Sains Materi Indonesia
Vol 12, No 3: JUNI 2011

EMULSI DAN ULTRASONIKASI DALAM PEMBENTUKAN NANOENKAPSULASI IBUPROFENTERSALUTPOLIPADUAN POLI(ASAM LAKTAT) DENGAN POLI(ε-KAPROLAKTON)

Tetty Kemala (Departemen Kimia, FMIPA - IPB Kampus IPB Darmaga, Bogor)
Ahmad Sjahriza (Departemen Kimia, FMIPA - IPB Kampus IPB Darmaga, Bogor)
Siti Komariah (Departemen Kimia, FMIPA - IPB Kampus IPB Darmaga, Bogor)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

EMULSI DAN ULTRASONIKASI DALAM PEMBENTUKAN NANOENKAPSULASI IBUPROFENTERSALUTPOLIPADUAN POLI(ASAM LAKTAT) DENGAN POLI(ε-KAPROLAKTON). Telah dibuat polipaduan poli(asam laktat) (PLA) dengan poli(ε-kaprolakton) (PCL) sebagai penyalut obat ibuprofen. Pembuatan nanoenkapsulasi ibuprofen dalam penelitian ini dengan cara mengkombinasikan teknik emulsifikasi dan ultrasonikasi. PLA yang digunakan adalah hasil sintesis dengan bobot molekul rata-rata (Mv) 9463 g/mol. Nanokapsul yang dihasilkan berkisar 480 hingga 950 nm. Waktu sonikasi yang paling baik dalam pembentukan nanokapsul adalah 60 menit. Efisiensi dan ukuran nanokapsul meningkat dengan meningkatnya waktu sonikasi. Efisiensi nanokapsul pada waktu sonikasi 30 menit, 45 menit dan 60 menit berurutan adalah 4,514, 9,724, dan 5,987 %.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jsmi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Sains Materi Indonesia (Indonesian Journal of Materials Science), diterbitkan oleh Pusat Teknologi Bahan Industri Nuklir - BATAN. Terbit pertama kali: Oktober 1999, frekuensi terbit: empat ...