Jurnal Kependidikan Media
Vol 5, No 3 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA

Suwandi Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

ABSTRAK : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan penelitian ini  menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent (pretest posttest) control group design, sampel penelitian diambil acak tiga kelas (60 siswa) meliputi TKJ A (kelas eksperimen) dan TKJ B (kelas kontrol) dari populasi tiga  kelas (92 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantarannya yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu  uji normalitas, homogenitas dan hipotesis (uji-t).Hasil penelitian didapatkan nilai hasil belajar siswa rata-rata kelas eksperimen 44,7 sedangkan nilai rata-rata kelas control 44,1 sebelum diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek. Setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan pada kelas ( eksperimen ) nilai rata-rata hasil belajar menjadi 77,7 mengalami peningkatan sebesar 41,90% dengan ketuntasan belajar mencapai  86,7% (Efektif), dibandingkan kelas yang tidak mendapat perlakuan kelas (kontrol) nilai rata-rata hasil belajar hanya 66,1 peningkatan 27,52% dengan ketuntasan belajar hanya 40,11% (Tidak Efektif). Berdasarkan hasil paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek lebih berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah (konvensional). Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar.

Copyrights © 2016