cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 78 Documents
Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Murid SD Inpres Tello Baru Kota Makassar Sida, Syarifuddin Cn
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang berlokasi di SD Inpres Tello baru Kota Makassar. Dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan “ Qouta sampling” dan starfied sampling”. Dalam penggunaan Quota sampling, jumlah subyek yang akan diselidiki ditetapkan lebih dahulu. Jadi penulis menetapkan sampel sebanyak 67 murid dari jumlah populasi. Sedangkan starfied sampling digunakan jika populasi terdiri dari kelompok-kelompok yang mempunyai susunan bertingkat, yang diteliti penulis terdapat tingkatan kelas yaitu kelas empat = 20 orang, kelas lima= 20 orang, kelas enam 27 orang. Hasil penelitian ini akan dianalisis dengan penelitian korelatifHasil penelitian menunjukkan bahwa professional guru SD Inpres Tello Baru Kota Makassar, hal ini kategori sangat rendah sebanyak 17 orang, kategori rendah sebanyak 17 orang, kategori sedang sebanyak 18 orang, kategori tinggi sebanyak 11 orang, kategori tinggi sebanyak 4 orang, maka dalam profesionalisme guru terdapat kategori sedang. Untuk prestasi belajar murid SD tersebut 5 murid dalam kategori prestasi belajar kurang, 22 murid dalam kategori prestasi belajar cukup, 28 murid dalam kategori prestasi belajar baik, dan 12 murid dalam kategori prestasi belajar baik sekali.Berdasarkan nilai korelasi rxy= 0,459 dan nilai Df = 65 diperoleh “r” tabel (rt) pada taraf signifikan 5%  sebesar 0,244 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,317%. Dapat disimpulkan bahwa “r” tabel lebih kecil dibandingkan “r” hitung sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara profesionalisme  guru terhadap prestasi belajar murid SD Inpres tello Baru Kota Makassar berinterprestasi sedang.Kata kunci : Profesionalisme guru, prestasi belajar
Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar Nurdin, Nurdin
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah bagaiman hubungan teknologi informasi dan komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 100 siswa yang diambil dari 6 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 20 butir pertanyaan untuk penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi maupun prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasi terhitung  0,912 yang berarti penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 83%. Artinya hubungan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 83% dan 17% dipengaruhi oleh variabel lain.Kata Kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan prestasi belajar
Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Siswa di MTs Muhammadiyah Tallo Kota Makassar S, Hamsah H
Jurnal Kependidikan Media Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK penelitian ini yaitu apakah penggunakan media audio-visual dalam proses belajar mengajar efektif terhadap peningkatan daya ingat siswa di Mts Muhammadiyah Tallo Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meperoleh data tentang penggunaan media audio-visual dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan daya ingat siswa di Mts Muhammadiyah Tallo Kota Makassar.Jenis penelitian ini penelitian kualitatif yang bersipat deskriptif. prosedur penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Muhammadiyah Tallo Kota Makassar sebanyak 32 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan ekstrakurikuler disekolah tersebut khususnya dalam upaya menggembangkan daya ingat siswa berjalan secara maksimal. Tetapi itu belum akhir untuk terus mengembangkan daya ingat siswa. Di butuhkan kerja sama guru dan orang tua dan yang paling penting adalah mengikuti prosedur yang ada sesuai dengan bentuk kegiatan yang bersangkutan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan proses pembelajaran dengan menggunaan media audio-visual terhadap peningkatan daya ingat siswa di MTs Muhammadiayah Tallo Kota Makassar  berjalan secara efektif .Kata Kunci : Efektivitas, Media Audio Visual, Daya Ingat.
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PANDAWAI Surianti Sulaiman
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2628

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pandawai.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 Laki-laki dan 10 Perempuan dan IX.C sebanyak 22 orang yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 12 Perempuan SMP Negeri 2 Pandawai. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 bagian yaitu wawancara pengambilan data. Wawancara melibatkan semua elemen sekolah dengan 5 poin pertanyaan sedangkan pengambilan data melibatan masing-masing guru mata pelajaran dengan mengambil nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) saat penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis tersebut adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada saat penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) berada pada kategori sedang yaitu nilai rata-rata 65,20 dengan nilai tertinggi 89,00 dan nilai terendah 37,00. (2) Hasil belajar siswa pada saat penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi yaitu nilai rata-rata 74,07 dengan nilai tertinggi 93,00 dan nilai terendah 48,00. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa penerapan kurikulum 2013 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hasil belajar siswa (mengalami peningkatan). Kata kunci:  Kurikulum 2013, Kualitas Hasil Belajar
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN GURU TERHADAP PROFESIONALISME MENGAJAR DI SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG Anna Pertiwi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2609

Abstract

ABSTRAK  : Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut: Adakah pengaruh tingkat pendidikan guru terhadap profesionalisme mengajar di SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Guru Terhadap profesionalisme Mengajar di SMP Muhammadiyah Limbung. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah Limbung yang berjumlah 49 guru dan 358 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah field Research (riset lapangan). Hasil penelitian ini akan di analisis dengan cara kuantitatif dalam tekhnik Deskriptif korelasi. Lokasi penelitianini bertempat di SMP Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa yang berpopulasi siswa SMP Muhammadiyah limbung Kab. Gowa yang berjumlah sebanyak 36 orang.Hasil penelitian ini adalah: Tingkat pendidikan guru sangat berpengaruh terhadap profesionalisme mengajar. Hasil uji hipotesis dengan nilai hasil korelasi, yaitu rxy 0,5268 Ternyata t hitung  lebih besar dari t tabel, atau 3,613 2,042. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis Ha di terima, ini berarti Ada Pengaruh Tingkat Pendidikan Guru Terhadap Profesionalisme Mengajar dan Ho di tolak, artinya tidak Ada Pengaruh antara Tinkat Pendidikan guru terhadap profesionalisme Mengajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA Suwandi Suwandi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 3 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i3.2644

Abstract

ABSTRAK : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan penelitian ini  menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent (pretest posttest) control group design, sampel penelitian diambil acak tiga kelas (60 siswa) meliputi TKJ A (kelas eksperimen) dan TKJ B (kelas kontrol) dari populasi tiga  kelas (92 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantarannya yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu  uji normalitas, homogenitas dan hipotesis (uji-t).Hasil penelitian didapatkan nilai hasil belajar siswa rata-rata kelas eksperimen 44,7 sedangkan nilai rata-rata kelas control 44,1 sebelum diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek. Setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan pada kelas ( eksperimen ) nilai rata-rata hasil belajar menjadi 77,7 mengalami peningkatan sebesar 41,90% dengan ketuntasan belajar mencapai  86,7% (Efektif), dibandingkan kelas yang tidak mendapat perlakuan kelas (kontrol) nilai rata-rata hasil belajar hanya 66,1 peningkatan 27,52% dengan ketuntasan belajar hanya 40,11% (Tidak Efektif). Berdasarkan hasil paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek lebih berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah (konvensional). Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar.
HUBUNGAN DAYA SERAP DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN NO 01 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR Utari Rahayu
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2633

Abstract

ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan Daya Serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dari 3 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 15 butir pertanyaan untuk penggunaan Daya Serap maupun prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Daya Serap dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasil r hitung 0,635 yang berarti penggunaan Daya Serap sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 40,32%. Artinya hubungan penggunaan daya serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 40,32% dan 59,68% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: penggunaan daya serap, peningkatan prestasi belajar
HUBUNGAN KONSEP KEPEMIMPINAN DENGAN PERILAKU SISWA DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MIN NGALI BELO KABUPATEN BIMA Rasidi Rasidi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 1 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i1.2616

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian kaulitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau arah kuantifikasi lainnya. Sumber data diperoleh dari data observasi dan data wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima. Karena dengan diterapkannya konsep kepemimpinan di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima telah membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik terutama memiliki jiwa kepemimpinan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)  Perilaku siswa di MIN Ngali Belo Kabupaten Bima setelah diterapkannya konsep kepemimpinan kepala sekolah telah banyak mengalami perubahan diantaranya siswa terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang atau perilaku negative, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep kepemimpinan dengan perilaku siswa dalam pendidikan yang berbasis karakter hal ini membuktikan bahwa Sikap anak-anak sangat tenang dan fokus saat menerima pelajaran atau penjelasan dari guru di samping itu juga guru selalu memberi motivasi atau dorongan kepada siswa agar siswa giat dan aktif baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sosial. konsep kepemimpinan sangat berarti untuk meningkatkan perilaku siswa yang baik atau siswa yang berkarakter. Kata kunci :Konsep Kepemimpinan, Perilaku Siswa
HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA Mardatillah Mardatillah
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 3 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i3.2640

Abstract

ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian pra experiment dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 309 orang, sampel 51 orang. Dengan variable penelitian yaitu Hubungan Pengelolaan Kelas sebagai variable bebas dan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran sebagai variable terikat. Selanjutnya data disimpulkan dengan menggunakan metode angket.Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwa Hubungan Pengelolaan kelas terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab.Gowa dapat dikatakan sangatlah berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain artinya bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh dengan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini terbukti hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi = 0,64 lebih besar dari atau 5,831 ≥ 2,021, Maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara Pengelolaan Kelas terhadap Keaktifan Belajar Siswa, Ha di terima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, disimpulkan bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh artinya bahwa pengelolaan kelas sangat membantu terhadap peningkatan keaktifan siswa . hal ini dibuktikan dengan adanya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang sangat baik di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa. Kata Kunci : Pengelolaan kelas dan keaktifan siswa dalam pembelajaran
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL WEB ENHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK GUNUNG SARI 1 MAKASSAR Susanti Susanti
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2629

Abstract

ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Nonequevalent control Group Design artinya eksperimen dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen kelompok control diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diberikan perlakuan Pembelajaran dengan sebuah Treatmen. Dengan menerapkan Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar yang berjumlah 30 siswa dengan sampel total sampling.Hasil analisis data pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel , thitung ( 2,65) dan ttabel (2,048) sehingga disimpulkan t hitung t tabel , ini membuktikan hipotesis “Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar” diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended learning Model Web Enhanced Course lebih efektif terhadap pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Kata Kunci : Blended Learning Model Web Enhanced Course, Hasil Belajar.