Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Subyek penelitian adalah para mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel menggunakan nomogram Harry A. King sehingga diperoleh sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Tingkat Efektivitas Pemanfaatan Bimbingan Akademik sebagai langkah perbaikan karakter mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Berdasarkan analisis data, mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan pribadi kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 38 mahasiswa (44,7%) dan kategori rendah berjumlah 42 mahasiswa (49%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan belajar kategori tinggi berjumlah 7 mahasiswa (8,3%), kategori sedang berjumlah 32 mahasiswa (36,5%) dan kategori rendah berjumlah 47 mahasiswa (55,3%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan sosial kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,6%), kategori sedang berjumlah 29 mahasiswa (34,3%) dan kategori rendah berjumlah 46 mahasiswa (54,1%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan karier kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 36 mahasiswa (30,6%) dan kategori rendah berjumlah 44 mahasiswa (51,6%). Secara total pemanfaatan bimbingan akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memanfaatkan bimbingan dengan kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,7%), kategori sedang berjumlah 30 (35,4%) dan kategori rendah 45 mahasiswa (52,9%).Key Word: efektivitas, bimbingan akademik, dan karakter mahasiswa
Copyrights © 2011