Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol 1 No 02 (2018): GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains

PENGEMBANGAN MODUL BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA

Rizky Nafaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada materi termodinamika melalui pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains. Modul dikembangkan dengan metode Research and Development selanjutnya di uji efektivitasnya pada mahasiswa program studi pendidikan fisika Unsam yang berjumlah 15 orang mahasiswa dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data pengukuran pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran serta angket yang dikumpulkan untuk melihat keunggulan dan kelemahan modul dari sudut pandang mahasiswa. Efektivitas modul ditentukan melalui uji statistik t berkorelasi untuk gain rata-rata minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pemahaman konsep maha siswa sebelum dan setelah penerapan modul. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan modul adalah sangat baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPFS

Publisher

Subject

Education Physics

Description

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan ...