Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni

Pengembangan Media E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Fluida Statis

Dewi Susilowati (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
B. Anggit Wicaksono (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangakan produk berupa media e-learning dengan mengunakan schoology sebagai suplemen pembelajaran fisika materi Fluida Statis serta mendeskripsikan kemudahan, kemenarikan, kemanfaatan dan keefektifan. Pengembangan media e-learning dengan menggunakan schoology berdasarkan dari prosedur penelitian pengembangan Suyanto dan Sartinem adalah analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, serta produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil uji eksternal yang menunjukkan kualitas media e-learning dengan schoology mudah, menarik, bermanfaat serta efektif digunakan untuk suplemen pembelajaran, sebab 80 % siswa telah lulus KKM. Melalui media e-learning dengan schoology ini siswa dapat mengakses pembelajaran secara online serta belajar secara mandiri yang bisa dilaksanakan dimanapun serta kapanpun mereka inginkan. Materi dalam media e-learning bisa divisualisasikan kedalam berbagai format serta bentuk yang interaktif dan dinamis sehingga siswa termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran. Kata kunci: fluida statis, media e-learning, pengembangan, schoology.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...