Tujuan penelitian ini yaitu mengembangakan produk berupa media e-learning dengan mengunakan schoology sebagai suplemen pembelajaran fisika materi Fluida Statis serta mendeskripsikan kemudahan, kemenarikan, kemanfaatan dan keefektifan. Pengembangan media e-learning dengan menggunakan schoology berdasarkan dari prosedur penelitian pengembangan Suyanto dan Sartinem adalah analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, serta produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil uji eksternal yang menunjukkan kualitas media e-learning dengan schoology mudah, menarik, bermanfaat serta efektif digunakan untuk suplemen pembelajaran, sebab 80 % siswa telah lulus KKM. Melalui media e-learning dengan schoology ini siswa dapat mengakses pembelajaran secara online serta belajar secara mandiri yang bisa dilaksanakan dimanapun serta kapanpun mereka inginkan. Materi dalam media e-learning bisa divisualisasikan kedalam berbagai format serta bentuk yang interaktif dan dinamis sehingga siswa termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran. Kata kunci: fluida statis, media e-learning, pengembangan, schoology.
Copyrights © 2019