cover
Contact Name
Afif Rahman Riyanda, S.Pd., M.Pd.T
Contact Email
afif.rahman@fkip.unila.ac.id
Phone
+6281377478988
Journal Mail Official
pvti@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27159647     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpvti
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information technology, i.e. Networking, Multimedia, Software Engineering, and the issues concerning Information Technology Education including Multimedia development, ICT-based learning, Mobile Learning, Blended Learning, and ICT-Based Vocational Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 81 Documents
PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BOOK ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS Indrata Bayu Perdana; Feriansyah Sesunan; B. Anggit Wicaksono
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.05 KB) | DOI: 10.23960/19884

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi pocket book android yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja pada materi listrik statis SMP. Menggunakan metode pengembangan Research and Development (RD) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating), namun penelitian hanya dilaksanakan sampai tahap Implementation. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan buku saku elektronik berbasis Android untuk pembelajaran listrik statis mendapat skor ahli desain 3.61, ahli materi 3.50, uji praktisi 3.09 dengan kategori layak digunakan. sedangkan uji kemenarikan diperoleh skor 3.36 dengan kategori sangat menarik, kemudahanan diperoleh skor 3.40 dengan kategori sangat mudah, dan kemanfaatan diperoleh skor 3.53 dengan kategori sangat bermanfaat. Produk berupa pocket book dapat disimpulkan produk tersebut tervalidasi dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi listrik statis.  
Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) Pada Materi Dinamika Rotasi Marina Putri; Feriansyah Sesunan
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.47 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan modul interaktif dengan menggunakan program Learning Content Development System (LCDS) dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan pada materi Dinamika Rotasi. Tahapan pengembangan modul interaktif LCDS berpedoman pada prosedur pengembangan menurut Sugiyono yang meliputi :  potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Kemudian Prosedur pengembangan dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu: pendahuluan , pengembangan dan penerapan. Hasil pengembangan modul interaktif LCDS memenuhi unsur  kevalidan yang ditunjukan dengan rata-rata nilai 90% untuk aspek uji validitas materi/isi dan validitas desain. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung menunjukkan kualitas modul interaktif menggunakan LCDS memiliki kualitas kemenarikan “baik” dengan skor 3,2, kualitas kemudahan “baik” dengan skor 3,1, kualitas kebermanfaatan “baik” dengan skor 3,1, dan dari hasil uji efektifitas diperoleh sebanyak 81,8% siswa telah tuntas KKM,  yaitu 75 dengan nilai rata-rata 80 dari 27 siswa. Hal ini menujukan bahwa modul interaktif LCDS dinilai menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat bagi siswa sebagai media pembelajaran baik mandiri atau kelompok. Kata Kunci: penelitian pengembangan, modul interaktif, LCDS.
SISTEM MONITORING PENDETEKSI SUHU DAN KELEMBABAN PADA RUANGAN MENGGUNAKAN ARDUINO R3 Irwanto Irwanto; Endi Permata
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.815 KB) | DOI: 10.23960/20132

Abstract

Sistem pengaman ruangan berbasis mikrokontroler digunakan sebagai kendali alarm atau buzzer. Mikrokontroler yang akan digunakan adalah Arduino. Metode yang digunakan adalah metode perancangan sistem. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang sebuah sistem monitoring pendeteksi suhu pada ruangan? (2) Bagaimana merancang sebuah sistem monitoring pendeteksi pergerakan pada ruangan? Dan (3) Bagaimana cara menguji hasil rancangan untuk sistem monitoring pendeteksi suhu dan kelembapan pada ruangan? Hasil penelitian adalah (1) Perancangan sebuah sistem monitoring ini pendeteksi suhu ini dilakukan dengan memberikan sebuah masukan yang telah di program dalam bahasa C atau yang bisa disebut dengan mengkoding program tersebut. Sensor suhu dan kelembapan atau sensor DHT11 ini bekerja dengan medeteksi suhu dan kelembapan pada ruangan tertutup. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi kadar kelembapan daan tingkat ssuhu di suatu ruangan dan mengirimkan dua sinyal digital sekaligus ke mikrokontroler. (2) Perancangan sebuah sistem monitoring pergerakan dengaan menggunakan sensor PIR (Passive Infra Red) ini bekerja mendeteksi pergerakan melalui gelombang infra merah yang dipancarkan secara menyebar. Sensor ini bekerja saat gelombang infra merah tersebut mengenai objek yang bergerak dan mengirim sinyal analog ke sinyal digital Mikrokontroler. Sistem monitoring ini bekerja dengan menggunakan mikrokontroler berupa Arduino Uno sebagai sistem proses dan berupa inputan yaitu sinyal atau gelombaang infra merah sedangkan outputnya berupa alarm buzzer. (3) Dengan melakukan beberapakali percobaan dengan mengandalkan timer dapat dihasilkan pada suhu ruaangan dengan tingkat rata-rata 29.50°C dan kadar kelembapan pada ruangan tersebut didapatkan rata-rata 69.50°C. hal tersebt dihasilkan dalam kondisi yang stabil atau normal. Penampilan nilai untuk suhu dan kelembapan ini dibantu oleh perangkat LCD yang sudah di perhitungkan melalui bahasa C atau program bahasa C yang sudah dibuat. Kata kunci: Arduino R3, kelembaban,  monitoring, pendetenki, suhu.
Analisis Penerapan Standar Proses Dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru Margaretha Karolina Sagala; Hervin Maulina; B. Anggit Wicaksono; Feriansyah Sesunan
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.304 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pene­rap­an standar proses dalam Kurikulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam ma­ta­kuliah Micro Teaching; dan (2) Menganalisis penerapan standar penilaian dalam Ku­ri­kulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching. Me­­to­de penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Me­to­de deskriptif dipilih untuk menggambarkan penerapan standar proses dan stan­dar penilaian dalam Kurikulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching. Sesuai dengan lingkup penelitian, sampel penelitian ini adalah ma­ha­siswa semester 6 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan pe­ne­litian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Standar Proses da­lam Kurikulum 2013 sudah dapat diterapkan oleh mahasiswa calon guru dalam ma­ta­kuliah Micro Teaching dengan persentase rata-rata 90% sangat baik dan 10% ba­ik melalui keterampilan dasar yang diterapkan; dan (2) Standar Penilaian dalam Ku­ri­kulum 2013 sudah diterapkan mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching dengan mengacu pada RPM yang telah dibuat. Kata Kunci: Standar Proses, Standar Penilaian, Kurikulum 2013, Micro Teaching 
PENGARUH LKPD BERBANTUAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMK Saputra, Bayu; Sagala, Margaretha Karolina
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.628 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan LKPD berbasis smartphone terhadap penguasaan konsep siswa SMK kelas X teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Bhati Utama, Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dalam pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest - posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara peserta didik dan guru. Data hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji-t. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan LKPD berbantuan smartphone, skaligus memberikan dampak yang signifikan
Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Adobe Flash CS6 Bagi Siswa Kelas XI RPL Afif Rahman Riyanda; Wayan Suana
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.21 KB) | DOI: 10.23960/20156

Abstract

This research is based on the low learning outcomes of the XI Rekayasa perangkat Lunak (RPL) students in Basic Programming Subjects. The purpose of this study develops a learning resource for a valid, practical and effective learning module on the subject of computer assembly and installation. The research method used in this research is Research and Development (RD) using ADDIE's development model which includes five stages namely (1) Analysis:, (2) Design:, and (3) Development:. (4) Implementation: (5) Evaluation. The results obtained from this research and development are as follows. (1) The product produced from this research is an Adobe flash CS6-based product for the XI-grade students of software engineering. (2) The development of this module has been through expert level of module validation, (3) The development of this module has been through the practicality of the response of the teacher with the percentage of the result is 81.40%, and the practical level of the student response with the result of the percentage is 85.81% then categorized practically. (4) The development of this module has been through the effective stage of showing the value of 86.36% of students reach Minimal submission criteria, then can be categorized effectively. Keywords: Learning modules, Adobe flash CS6, Research and Development, ADDIEDOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v1.i2.201901
Pengembangan Media E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Fluida Statis Dewi Susilowati; B. Anggit Wicaksono
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.39 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangakan produk berupa media e-learning dengan mengunakan schoology sebagai suplemen pembelajaran fisika materi Fluida Statis serta mendeskripsikan kemudahan, kemenarikan, kemanfaatan dan keefektifan. Pengembangan media e-learning dengan menggunakan schoology berdasarkan dari prosedur penelitian pengembangan Suyanto dan Sartinem adalah analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, serta produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil uji eksternal yang menunjukkan kualitas media e-learning dengan schoology mudah, menarik, bermanfaat serta efektif digunakan untuk suplemen pembelajaran, sebab 80 % siswa telah lulus KKM. Melalui media e-learning dengan schoology ini siswa dapat mengakses pembelajaran secara online serta belajar secara mandiri yang bisa dilaksanakan dimanapun serta kapanpun mereka inginkan. Materi dalam media e-learning bisa divisualisasikan kedalam berbagai format serta bentuk yang interaktif dan dinamis sehingga siswa termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran. Kata kunci: fluida statis, media e-learning, pengembangan, schoology.
Desain Lembar Kerja Siswa Model Blended Learning Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills Ariana Umu Kamila; Wayan Suana; Nengah Maharta
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.731 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) oerorientasi higher order thinking skills (HOTS) untuk pembelajaran fisika model blended learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Desain LKS menggunakan model blended learning dengan format online learning-tatap muka-online learning, untuk satu siklus pembelajaran. Uji kelayakan produk dilakukan oleh tiga orang ahli dalam bidang pendidikan fisika dan uji keterbacaan produk dilakukan oleh tiga orang siswa. Hasil uji kelayakan isi dan kelayakan konstruk diperoleh keduanya berkategori sangat valid. Adapun hasil uji keterbacaan juga diperoleh hasil sangat baik. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas internal untuk kemudian diujicobakan untuk pembelajaran di kelas.Kata Kunci: Blended learning, higher order thinking skills (HOTS), lembar kerja siswa (LKS)
EBOOK BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Hendra Nelva Saputra
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 2 (2019): Edisi Desember
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.629 KB) | DOI: 10.23960/19863

Abstract

Ebook based critical thinking skills offer solutions to facilitate learning critical thinking skills. The purpose of this research is to produce a viable ebook to facilitate learning critical thinking skills. This type of research is research and development using Dick, Carey, and Carey (2009) instructional design. The Research instruments use poll responses from experts, teachers and learners. The resulting development product is an ebook based on critical thinking skills. Based on the results of data analysis obtained from the responses of learning media experts, learning design experts, learning materials experts, individual trials, small group trials, and field trials showed that the developed ebooks could facilitate learning critical thinking skills with an average percentage of 88.67%. The outcome of the overall assessment of the test subject to critical thinking skills indicators has demonstrated validity and with an average percentage of 89.6% and can be interpreted that the teaching materials are developed worthy to facilitate Critical thinking skills.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Sainstifik Menggunakan Adobe Flash Siska Ayu Agustin; Feriansyah Sesunan
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional Vol 1, No 1 (2019): Edisi Juni
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1024.638 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi Rangkaian Arus Searah yang sesuai dengan pendekatan sainstifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan menurut tahapan Borg and Gall. Desain media pembelajaran Adobe Flash menyajikan kompetensi, materi, simulasi, dan evaluasi yang sesuai dengan pendekatan sainstifik. Uji kelayakan produk meliputi uji kelayakan isi dan uji kelayakan konstruk dilakukan dengan dua orang ahli dalam bidang pendidikan fisika, serta uji keterbacaan dilakukan dengan lima orang siswa dan uji efektivitas dilakukan dengan 26 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di MA Negeri 2 Tulang Bawang Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 diperoleh hasil uji keterbacaan bahwa kualitas media pembelajaran interaktif dengan Adobe Flash sangat menarik, mudah, sangat bermanfaat, serta efektif yang ditunjukan dengan presentase ketuntasan 76,92% siswa lulus KKM. Adapun hasil uji kelayakan produk diperoleh skor hasil uji kelayakan isi 3,73 pada kualifikasi sangat valid dan hasil skor uji kelayakan konstruk 3,84 pada kualifikasi sangat valid. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, Adobe flash, pendekatan sainstifik