WALISONGO
Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi

ETIKA BISNIS ISLAMI DALAM PRAKTEK BISNIS RASULULLAH




Article Info

Publish Date
04 Feb 2013

Abstract

Historical study of the Muhammad’s behavior and business ethics before beingappointed as messenger is an interesting study, because the conduct and businessethics that Mohammed applied was based on the study of the verses of the Koran.After appointed as messenger (40 years old), the life of prophet Muhammad wasmore guided by the revelations of the Quran. Some principles which the prophetapplied are honest, amanah, accurate in weighting, , avoid gharar, not hoard goods,not execute al-ghab and tadlis among seller and buyer.***Kajian sejarah mengenai perilaku dan etika bisnis Muhammad sebelum ditunjuksebagai nabi merupakan kajian yang menarik, karena peri laku dan etika bisnisyang diterapkan oleh Muhammad didasarkan pada kajian ayat-ayat al-Qur’an.Setelah ditunjuk sebagai nabi (usia 40 tahun), kehidupan Nabi Muhammad lebihdibimbing oleh wahyu-wahyu al-Qur’an. Beberapa prinsip yang diterapkan olehMuhammad adalah jujur, amanah, timbangan yang tepat, menghindari gharar,tidak menimbun barang, tidak melakukan al-ghalb dan tadlis di antara penjualdengan pembeli.Keywords: etika, moral, bisnis, Muhammad, perilaku, ekonomi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

wali

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Walisongo adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian IAIN Walisongo Semarang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang sosial keagamaan Islam. Jurnal ini terbit berkala setiap enam bulan sekali ...