cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
WALISONGO
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Walisongo adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian IAIN Walisongo Semarang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang sosial keagamaan Islam. Jurnal ini terbit berkala setiap enam bulan sekali pada bulan Mei dan November
Arjuna Subject : -
Articles 92 Documents
IMPLIKASI SHARIAH GOVERNANCE TERHADAP REPUTASI DAN KEPERCAYAAN BANK SYARIAH Wardayati, Siti Maria
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe object of this study is Bank Muamalat Indonesia in Central Java, while thenumber of samples used was 200 respondents using purposive sampling techniques.The techniques of analysis used descriptive analysis and SEM analysis with the helpof AMOS. The results of computational data show that the implementation of shariagovernment that consists of 6 (six) indicators, namely: transparency, accountability,responsibility, indedendency, justice and shariah compliance has shown good results.Shariah compliance is an indicator of the dominant Islamic government, whileresponsibility and justice is an indicator of weak governance in explaining sharia.Implementation of shariah governance significant effect on the reputation andcustomer confidence in Islamic banks.
STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN Andriyanto, Irsyad
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractIn Islam institutionalized poverty eradication with the charity. Therefore, charityshould be managed in a productive and professional so that zakat has participationin realizing the ideals of Islam to the life of a prosperous people. One of themanagement institutions in Indonesia to manage zakat zakat with trustworthy,transparent, and professional is the Rumah Zakat Indonesia (RZI). This study usessocio-economic approach. The analysis serves to simplify data into a form that iseasier to read and interpret. The analysis used in this research is descriptive analysis.***Dalam Islam upara pengatasan kemiskinan adalah dengan zakat. Oleh karena itu,zakat seharusnya dikelola secara produktif dan profesional sehingga zakat dapatmengambil bagian dalam merealisasikan ide-ide Islam untuk mensejahterakanmasyarakat Saah satu lembaga yang terbukti telah mampu mengelola zakatsecara terpercaya, transparan, dan profesional adalah Rumah Zakat Indonesia(RZI). Kajian ini menggunakan pendekatan sosial-ekonomi, Analisis yang yangdigunakan bertujuan untuk mempermudah data ke dalam bentuk yang lebihmudah untuk dibaca dan diinterpretasikan. Analisis yang digunakan dalam kajianini adalah analisis deskriptif.Keywords: zakat, infak dan shadaqah, RZI, HealthCare, EduCare,EcoCare, YouthCare
ANALISIS PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR)TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Suryani, Suryani
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis study aimed to (1) analyze the condition of Financing to Deposit Ratio (FDR) ofIslamic Banking in Indonesia, (2) analyze the profitability of sharia banking inIndonesia; and (3) to analyze the influence of Financing to Deposit Ratio (FDR) of theprofitability of sharia banking in Indonesia. This study took samples at Islamic banksin Indonesia including 11 Islamic Banks (BUS), 23 Business Units of Sharia Banking(UUS). The research data is from Islamic Banking Statistics published by BankIndonesia from January 2008 until December 2010 (Financial Ratio Study to BUSand UUS period 2008-2010). The number of Islamic banks used is 34 banks. Thetechnique uses simple linear regression analysis with the help of the programEVIEWS version 5.***Kajian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kondisi Financing to Deposit Ratio(FDR) pada Perbankan Syariah di Indonesia, (2) menganalisis profitabilitasperbankan syariah di Indonesia (3) menganalisis pengaruh Financing to DepositRatio (FDR) profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Sampel dari kajian inimeliputi 11 bank syariah (BUS), 23 Unit Usaha Syariah (UUS). Data peneitian inidiperoleh dari Statistik Perbankan Syariah yang diterbitkan oleh Bank Indonesiadari bulan Januari 2008 hingga Desembar 2010 (Kajian mengenai Financial RatioBUS dan UUS dalam periode 2008-2010) Sebanyak 34 bank dilibatkan dalampenelitian ini. Adapun teknik yang digunakan dalam kajian ini adalah analisisregresi linear dengan bantuan program EVIEWS versi 5.Keywords: profitabilitas, Return on Asset (ROA), Financing to DepositRatio (FDR), statistik perbankan syariah, perbankan syariahIndonesia
AKUNTABILITAS LEMBAGA PENGELOLA WAKAF
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Although wakaf has much importance for social living and practiced since a long time ago, but in fact wakaf has not maximally functioned. Still much numbers of people living under poor line level showed this fact. Some causes make wakaf is not effective. In one side, the cause is related to the human resources, especially in the side of the organizer (nāẓir). Other cause is the weakness of the accountability of wakaf institution. Applying doctrinal and non-doctrinal approach, this research showed that in PKPU the organizer implemented the principle of transparency and accountability in managing waqaf in the institution. The principle of accountability is implemented in the form of audit, both internally and externally by public accountant. Applying the principle of accountability had been increasing the publict trust to the wakaf institution. *** Walaupun wakaf memiliki arti penting bagi kehidupan sosial dan telah dipraktekkan sejak lama, namun dalam kenyataannya wakaf belum difungsikan secara maksimal. Masih banyaknya anggota masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan menunjukkan kenyataan ini. Ada beberapa penyebab yang membuat wakaf tidak efektif. Di salah satu sisi, penyebabnya terkait dengan sumber daya manusia, khususnya pada sisi pengelola (nāẓir), Penyebab yang lain adalah lemahnya akuntabilitas dari institusi wakaf. Dengan menggunakan pendekatan doktrinal dan non-doktrinal penelitian ini menunjukkan bahwa di PKPU pengelola menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola wakaf di dalam lembaga itu. Prinsip akuntabilitas diimplementasikan dalam bentuk audit, baik internal maupun eksternal oleh akuntan publik. Penerapan prinsip akntabilitas telah meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga wakaf. Keywords: wakaf, akuntabilitas, audit, pendekatan doktrinal
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT BERINVESTASI SUKUK Yuliati, Lilis
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstact This study aims to analyze the interrelationship between risk factors and product attributes that affect the public interest in Islamic Sukuk invest SR001 and to know the appeal of an independent Islamic Bank Sukuk SR001 in selling by investors point of view. The method used in this study is a survey, while the sukuk investor esponden is SR 001, amounting to 100 people. The research was conducted by distributing questionnaires with Likerts scale. The analytical technique used is multiple regression. Based on the results of research and discussion that has been done can be concluded that the risk of investment and product islamic attributes positive effect on the public interest to invest, it is evident from the results of the test statistic, the test F and test T. *** Kajian ini bertujuan untuk menganalisis interrelasi antara faktor-faktor resiko dengan atribut produk yang mempengaruhi minat publik terhadap investasi Sukuk Islam SR001 dan untuk mengetahui daya tarik Sukuk Bank Islam SR001 menurut para investor. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah survei, sementara responden adalah investor sukuk SR 001 sejumlah 100 orang. Penelitian dilaksanakan dengan cara membagi kuisioner dengan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa resiko investasi dan produk Islami berkait positif dengankeinginan publik untuk melakukan investasi. Ini tampak jelas dari penghitungan statistik dengan test F dan T.   Keywords: investasi, minat, sukuk, atribut produk islami, BSM
ETIKA BISNIS ISLAMI DALAM PRAKTEK BISNIS RASULULLAH
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Historical study of the Muhammad’s behavior and business ethics before beingappointed as messenger is an interesting study, because the conduct and businessethics that Mohammed applied was based on the study of the verses of the Koran.After appointed as messenger (40 years old), the life of prophet Muhammad wasmore guided by the revelations of the Quran. Some principles which the prophetapplied are honest, amanah, accurate in weighting, , avoid gharar, not hoard goods,not execute al-ghab and tadlis among seller and buyer.***Kajian sejarah mengenai perilaku dan etika bisnis Muhammad sebelum ditunjuksebagai nabi merupakan kajian yang menarik, karena peri laku dan etika bisnisyang diterapkan oleh Muhammad didasarkan pada kajian ayat-ayat al-Qur’an.Setelah ditunjuk sebagai nabi (usia 40 tahun), kehidupan Nabi Muhammad lebihdibimbing oleh wahyu-wahyu al-Qur’an. Beberapa prinsip yang diterapkan olehMuhammad adalah jujur, amanah, timbangan yang tepat, menghindari gharar,tidak menimbun barang, tidak melakukan al-ghalb dan tadlis di antara penjualdengan pembeli.Keywords: etika, moral, bisnis, Muhammad, perilaku, ekonomi
ANALISIS PRAKTEK PERWAKAFAN UANG PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Furqon, Ahmad
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Waqf of money curently become focus of interest among Muslim community. One of the banks executed the waqf of money is BSM. Some conclusions drawn from this research: (1) Information dissemination on waqf of money is still relatively limited compared to the wealth of medium and experiences that the bank had, (2) BSM has no specific counter for giving services, so any customer visiting the bank for applying waqf of money, customer service and the officials of the bank will serve them, without the nāẓir, and witness present; and (3) Two models of investation of the waqf of money in bank: riil sector for building mother and child hospital, and financial sector, in which the money was deposited in Deposito Syariah Mandiri. ***   Waqf uang saat ini menjadi fokus kajian yang menarik di kalangan masyarakat Islam. Salah satu bank yang menjalankan waqf uang adalah BSM. Ada beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari kajian ini: (1) Penyebaran informasi waqf uang masih relatif terbatas dibandingkan dengan kekayaan media dan pengalaman yang dimiliki oleh bank, (2) BSM tidak memiliki meja khusus yang dapat melayani pelanggan yang datang ke bank untuk mendaftarkan waqf uang sehingga ketika pelanggan datang untuk mendaftarkan waqf uang petugas layanan pelanggan dan petugas bank akan melayani mereka tanpa nadzir dan saksi; dan (3) Dua model investasi wakaf uang di bank: sektor riil untuk pembangunan rumah bersalin, dan sektor finansial, di mana uang didepositkan dalam Deposito Syariah Mandiri.   Keywords: wakaf uang, nāẓir, investasi, tabungan
PENGELOLAAN WAKAF TUNAI Fanani, Muhyar
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract   Basic issue on waqaf is the management, especially on the management of cash money. The institutions having in charge for managing the waqaf of cash money, have some management specific characteristics and patterns. This study focused on the management of waqaf on cash money in three institution, TWI, PKPU, and BMM. Applying qualitative method, it is found that waqaf of cash money still has some problems to solve: the lack of dissemination about waqaf of cash money among society members, the lack of professional nāẓir, no effective fundraising system, the weak managerial system, the low commitment on risk management, the unprotected purchasing power of money, and the variability on the distribution priority. *** Permasalahan dasar waqf adalah menajemen, khususnya manajemen uang tunai. Lembaga yang berperan untuk mengelola waqf uang tunai memiliki beberapa karakteristik dan pola manajemen yang spesifik. Kajian ini memfokuskan pada manajemen waqf uang tunai di tiga lembaga: TWI, PKPU, dan BMM. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif ditemukan bahwa waqf uang tunai masih meninggalkan beberapa persoalan yaitu: kurangnya diseminasi tentang waqf uang tunai di kalangan masyarakat, kurangnya jumlah nadzir yang profesional; tidak adanya sistem pencarian dana yang efektif, lemahnya sistem manajemen, kekuatan pembelian uang yang tidak terlindungi, dan variabilitas prioritas distribusi.   Keywords: manajemen, pengumpulan dana, modal, manajemen risiko,distribusi
MEMBANGUN KEMITRAAN BANK SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIAH MARKETING Yulianto, Arief
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract   Amidst the competitions among shariah bank demanding the shariah bank to have marketing strategies in order to keep a sustainable relation between bank and customers. It was revealed from this research that some variables: product attributes, the quality of service to the Islamic approach to marketing, reputation, satisfaction, affective commitment, continuous commitment and customer loyalty can be accepted as the decisive variables in deciding the good marketing relationship between shariah bank and customers. ***   Di tengah-tengah persaingan di antara bank-bank syariah, dibutuhkan strategi marketing untuk mempertahankan hubungan yang berkelanjutan di antara bank dengan pelanggan. Terungkap dalam penelitian ini bahwa beberapa variabel: atribut produk, kualitas layanan dengan pendekatan Islam mengenai pemasaran, reputasi, kepuasan, komitmen yang efektif, komitmen yang  berkelanjutan, dan kesetiaan pelanggan dapat diterima sebagai variabel yang menentukan hubungan pemasaran yang baik antara bank syari’ah dengan pelanggan.   Keywords: atribut produk, kualitas pelayanan, reputasi, kepuasan, komitmen, loyalitas nasabah
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KOPERASI PONDOK PESANTREN Aji, Gunawan
WALISONGO Vol 19, No 1 (2011): Walisongo, Ekonomi
Publisher : IAIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract   Some problems are still coming up in developing boarding school cooperative. Quality of human resources, participation and performance of cooperative boarding school are some among so many problems are actually there. Strategy to improve the performance of cooperative boarding school is very urgent through participation, commitment and ability to keep innovative among members. ***   Beberapa persoalan masih tampak dalam pengembangan koperasi sekolah. Kualitas sumber daya manusia, partisipasi dan KINERJA koperasi pesantren merupakan beberapa di antara sekian banyak masalah yang ada. Strategi untuk memperbaiki kinerja koperasi di pesantren sangat penting, yaitu melalui artisipasi, komitmen, dan kemampuan untuk mempertahankan agar anggota tetap innovatif.   Keywords: kemampuan berinovasi, partisipasi, komitmen, kinerja, koperasi pondok pesantren

Page 1 of 10 | Total Record : 92