Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen
Vol 7, No 1 (2018): Nominal April 2018

PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Akhdan Nur Said (Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)
Diana Rahmawati (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kecerdasan Intelektual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (2) Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (3) Kecerdasan Spiritual terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dan (4) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama  terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi FE UNY, (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, (3) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, dan (4) Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi.

Copyrights © 2018