JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Khusus

MODIFIKASI LITERASI FUNGSIONAL PENGGUNAAN BLENDER BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

Purwanto Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa tunagrahita ringan kelasX di SLB AC Dharmawanita Kabupaten Sidoarjo dalam memahami literasi fungsionalpenggunaan alat dapur elektrik blender. Kemampuan menggunakan blender sangat merekabutuhkan untuk keperluan daily activities seperti membuat jus atau menggiling bumbumasak. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan menghasilkan prototypemodifikasi literasi fungsional penggunaan blender bagi siswa tunagrahita ringan kelas X.Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-DTiagarajan yang terdiri dari empat tahapan: pendefinisian (define), perancangan (design),pengembangan (develope) dan penyebaran (desiminate). Tetapi dalam penelitian ini hanyasampai pada tahap pengembangan (develope). Subyek penelitian ini adalah enam siswatunagrahita ringan kelas X SLB AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo. Validasi datadilakukan oleh ahli media literasi fungsional dan ahli materi ketunagrahitaan sedangkan ujicoba prototype menggunakan one group pretest-Post test design. Hasil penelitian ini berupaprototype modifikasi literasi fungsional penggunaan blender bagi siswa tunagrahita ringankelas X. Kelayakan prototype hasil validasi mencapai 90% menurut ahli media literasifungsional dan 75% menurut ahli materi ketunagrahitaan. Uji terbatas menunjukkan dari nilaipretest 47,94 meningkat menjadi 68,88 saat post test. Dengan Z tabel 5% yakni 1,96, nilai Zhyang diperoleh sebesar 2,05. Oleh karena itu, hipotesis 0 ditolak dan hipotesis kerja diterima.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan prototypemodifikasi literasi fungsional yang dihasilkan terhadap kemampuan siswa tunagrahita ringankelas X di SLB AC Dharma wanita Kabupaten Sidoarjo dalam menggunakan alat dapurelektrik berupa blender.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...