Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 7, No 2 (2009): IMAJI AGUSTUS

INTERNALISASI PENGAJARAN SENI TARI PADA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA

Wahyu Lestari (Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi pengajaran seni tari di SLTP Negeri se Kabupaten Sleman DIY. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, artinya mendeskripsikan proses pembelajaran secara apa adanya. Alat utama pengumpul data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari dilakukan dengan cara sosialisasi, enkulturasi atau pembiasaan, sehingga internalisasi tercapai. Hasil pembelajaran yang dicapai siswa juga akan menunjukkan keberhasilan guru dalam pelaksanaan mengajarnya. Prestasi seni tari secara afektif berpengaruh terhadap prestasi pembelajaran tiga mata pelajaran yang lain. Melihat hasil penelitian ini disarankan perlunya penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih luas pada sekolah lanjutan. Kata Kunci: sosialisasi, enkulturasi, internalisasi, seni tari.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...