Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
Vol 11, No 2 (2013): IMAJI AGUSTUS

PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN DESKOMVIS I SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Arsianti Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran Deskomvis  I  dengan penerapan pendekatan inquiry.  Jenis penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang mengambil mata kuliah Desain Komunikasi Visual I. Tahapan penelitian, yaitu (a) pretest sebagai alat ukur kemampuan awal mahasiswa, (b) pengamatan lapangan bagi mahasiswa dalam berkarya tipography art  I dan II, (c) eksperimen melalui berbagai media untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan kaidah-kaidah desain komunikasi visual. Hasil berupa skor tindakan pertama yaitu pada rata-rata kelas hanya diperoleh angka 69 yang apabila dikonversikan maka angka ini masih termasuk nilai B- dan pada tindakan kedua skor rata-rata kelas diperoleh sebesar 81,33 yang apabila dikonversikan maka angka  ini  termasuk nilai A-.Pembelajaran Deskomvis I melalui pendekatan  inquiry mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan  skor nilai dan peningkatan kualitas hasil karya mahasiswa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

imaji

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

IMAJI is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). IMAJI is published twice a year in April and October by the Faculty of Languages and Arts of Universitas ...