Bank syariah sebagai perusahaan jasa akan sangat concern terhadap pelayanan pemasaran berbasis syariah (syariah marketing) yang maksimal supaya mampu bertahan di ketatnya persaingan dunia perbankan. Kepuasan nasabah adalah tingkatan dimana anggapan kerja (perceived performance) produk akan sesuai dengan harapan seorang nasabah). Kualitas layanan adalah faktor penting yang membentuk kepuasan nasabah. Pemasaran spiritual adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai dari satu inisiator kepada stakeholdernya yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Permasalahan penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto, (2) Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto, (3) Apakah pengaruh pemasaran spiritual berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto, (4) Apakah kualitas layanan, kualitas produk, dan pemasaran spiritual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dan Purwokerto dengan sampel sebanyak 200 nasabah. Penelitian ini menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 22.Kata Kunci: Kepuasan layanan, Kualitas produk, Pemasaran spiritual, Kepuasan nasabah
Copyrights © 2020