Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 8, No 1 (2020): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Analisis Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD

Gustina, Gustina (Unknown)
Kamaluddin, Kamaluddin (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Syamsuriwal, Syamsuriwal (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri pemahaman konsep Fisika Dasar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Tadulako. Konsep Fisika Dasar yang dipahami oleh mahasiswa diidentifikasi dalam tiga kategori yaitu: paham konsep, tidak paham konsep, dan salah konsep. Salah konsep yang dialami mahasiswa pada Fisika Dasar dapat mengganggu pikirannya dan mengalami kesulitan belajar. Dampaknya dapat dilihat pada rendahya perolehan nilai mata kuliah lanjut, dan bertambahnya lama studi mahasiswa, bahkan lebih jauh dapat menurunkan kualitas alumni. Desain penelitian ini berupa studi kasus, awali dengan melakukan tes diagnostik untuk menelusuri kemampuan awal ajar fisika mahasiswa. Selanjutnya mengidentifikasi dan melakukan studi mendalam terhadap kemampuan awal ajar fisika mahasiswa berdasarkan hasil tes diagnostik yang digunakan. Hasil identifikasi mengenai kesalahan-kesalahan terjadi setelah setelah melalui tes diagnostik, dibuat profil pemahaman konsep mahasiswa dalam mempelajari Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kesalahan konsep dalam memahami Fisika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNTAD sebesar 71%. Jenis kesalahan konsep yang terjadi bervariasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh dosen dan guru di dalam menangani masalah kesalahan konsep.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...