E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.07.NO.11.TAHUN 2018

ANALISA CONSUMERS ONLINE TOURISM CONFUSION PADA KONSUMEN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PRODUK PARIWISATA

Gede Bayu Rahanatha (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia)
Ni Nyoman Rsi Respati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia)
Martina Carissa Dewi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia)
Sarah Yulinar Adiputri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini menganalisa model Consumers Online Tourism Confusion dikaji dari sisi konsumen laki-laki dan perempuan. Pencarian beda tingkat kebingungan di kalangan konsumen laki-laki dan perempuan akan bermanfaat bagi para pelaku usaha khususnya dalam hal strategi komunikasi pemasaran dan bagi dunia pendidikan, kajian ini akan memberikan wawasan terbaru mengenai proses penerimaan komunikasi secara online konsumen laki-laki dan perempuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dimana akan dilihat nilai perbedaan antara konsumen laki-laki dan perempuan dimana variabel-variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah: orientasi pembelanjaran, kesadaran akan harga dan kebutuhan akan kognisi, dengan variable terikat: kebingungan konsumen yang terjadi pada saat melakukan pencarian informasi di media internet. Populasi yang dalam penelitian ini adalah: Warga Negara Indonesia yang telah berusia minimal 18 tahun, menggunakan media online (internet) dalam mencari informasi produk pariwisata dan sedang merencakan perjalanan (liburan).Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh orientasi pembelajaran, kesadaran akan harga dan kebutuhan akan kognisi terhadap tingkat kebingungan konsumen dalam mencari informasi produk pariwisata. Konsumen yang menjadi subyek penelitian adalah Warga Negara Indonesia di wilayah Badung, Bali yang sedang merencakan liburan yang menggunakan akses internet sebagai sarana pencarian informasi produk pariwisata. Adapun hasil yang didapatkan adalah: orientasi pembelajaran berpengaruh negative dan signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki. Kesadaran harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki, tingkat kebutuhan kognisi tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen laki-laki, orientasi pembelajaran berpengaruh negative dan signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan, kesadaran harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan, tingkat kebutuhan kognisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebingungan konsumen perempuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...