Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa kartu huruf hiragana bergambar untuk membantu siswa dalam menghafal huruf hiragana yang sesuai dengan karakteristik pebelajar pemula bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IB1 dan X IB2 SMA Negeri 1 Ubud. Sedangkan objek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah huruf hiragana pada media kartu bergambar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran yang dihasilkan diberi nama KANA “Kartu Hiraganaâ€, yang berupa kartu huruf bergambar yang memiliki dua sisi yaitu, tampak depan dan belakang. Tampak depan hanya terdapat huruf hiragana. Tampak belakang terdapat gambar kartun yang mengasosiasi huruf hiragana, (2) berdasarkan hasil kuesioner dari uji ahli, media pembelajaran kartu huruf hiragana yang dibuat sudah sesuai dengan karakteristik pebelajar pemula bahasa Jepang.Kata Kunci : kartu, media pembelajaran, hiragana ã“ã®ç ”究ã®ç›®çš„ã¯ã€æ—¥æœ¬èªžåˆç´šå¦ç¿’者ã®ã²ã‚‰ãŒãªå¦ç¿’ã«ä½¿ç”¨ã™ã‚‹å¦ç¿’æ•™æã¨ã—ã¦ã®ã²ã‚‰ãŒãªçµµæ–‡å—カードã®ä½œæˆã§ã‚る。ã“ã®ç ”究ã¯ã€ç ”究開発調査(Research and Development)ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ï¼ˆã‚¦ãƒ–ドã®å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹10年生1組.2組ã®ç”Ÿå¾’ã§ã‚る。データã¯è³ªç–‘アンケートã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯ä»¥ä¸‹ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1) ã“ã®çµµæ–‡å—カードã¯è¡¨è£ä¸¡é¢ã«ãã‚Œãžã‚Œæ–‡å—ã¨çµµã‚’é…ç½®ã—ã€å¦ç¿’æ•™æ『KANA〠ã¨å付ã‘ãŸã€‚カードã®è¡¨é¢ã«ã¯ã²ã‚‰ãŒãªã‚’記載ã—ãŸã€‚è£é¢ã¯ã²ã‚‰ãŒãªæ–‡å—を関連ã•ã›ã‚‹çµµã‚’記載ã—ãŸã€‚(2) 専門家ã«ã‚ˆã‚‹è³ªç–‘ã§ã¯ã€ã“ã®ã²ã‚‰ãŒãªæ–‡å—カードã¯æ—¥æœ¬èªžåˆç´šå¦ç¿’者ã®ç‰¹æ€§ã«é©å¿œã—ãŸãƒ¡ãƒ‡ã‚£ã‚¢æ•™æã§ã‚る。keyword : カードã€å¦ç¿’æ•™æã€ã²ã‚‰ãŒãª
Copyrights © 2015